Cegah Penyakit Jembrana, Distan Bengkalis Laksanakan Vaksinasi

243
Penyakit Jembrana
Penyakit Jembrana pada Sapi Bali. (foto:Dok. Kementan)

BENGKALIS, SERUJI.CO.ID – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, terus melakukan vaksinasi secara rutin dan berkesinambungan untuk kekebalan terhadap penyakit jembrana pada populasi ternak Sapi Bali di daerah ini.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkalis, Amri Noer menyebutkan penyebaran penyakit jembrana banyak terjadi melalui lalu lintas hewan yang tidak terkendali. “Tandanya secara fisik nafsu makan pada sapi menurun dan kemudian terjadi pembengkakan kelenjar permukaan pada daerah bahu dan selangkang, seperti diare, keluar darah dan tanda-tanda ini mencapai 14 sampai 21 hari,” kata Amri Noer dalam keterangannya di Bengkalis, Selasa (5/6).

Dia mengatakan, penyakit jembrana hanya terdapat pada Sapi Bali saja, dan hanya bisa dicegah melalui vaksinasi secara rutin.

Loading...

“Untuk satu ekor Sapi Bali satu tahun berturut-turut, dengan pemberian vaksin satu tahun pertama sebanyak dua kali dari awal pemberian vaksin dan untuk kedua kalinya setelah 30 hari. Untuk tahun berikutnya diberikan lagi hingga tiga tahun sesuai batas minimal,” katanya.

Menurutnya, rentannya sapi Bali terhadap penyakit ini karena seacara genetis bahwa ada keterikatan antar virus dengan genetis sapi Bali yang selalu bereaksi dan tidak pada sapi jenis lainnya.

Dia menjelaskan, penyakit jembrana merupakan penyakit hewan menular, hanya tertular kepada ternak sapi Bali saja, dalam penyakit jembrana ini merupakan sebuah virus yang menyerang sistem kekebalan pada hewan ternak sapi, dalam penularan secara mekanis seperti alat-alat suntik dan melalui serangga, lalat kandang yang menjadi penyebab dominan sesuai kajian. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]