Cek Kesiapan Angkutan Lebaran, KSOP Dumai Lakukan Uji Petik Kapal Ferry

616
Kapal Ferry yang sedang sandar di pelabuhan Dumai. (foto:istimewa)

DUMAI, SERUJI.CO.ID –┬áPetugas marine inspector Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas IA Dumai lakukan uji petik sejumlah kapal ferry angkutan lebaran 2018 di terminal penumpang Pelindo Dumai. Kegiatan ini dalam rangka kesiapan menyambut Idul Fitri.

Marine Inspector KSOP Dumai Toni Sulistyo mengatakan, uji petik atau pemeriksaan kapal untuk melihat kelaikan berlayar dan melayani pengangkutan penumpang pada arus mudik lebaran nanti.

“Uji petik ini untuk memastikan kapal dalam kondisi layak berlayar dan mengangkut penumpang rute dalam dan luar negeri serta sebagai kesiapan kita menghadapi arus mudik,” kata Toni, Ahad (3/6).

Loading...

Petugas syahbandar Dumai menguji petik dua kapal yang sedang sandar di dermaga pelabuhan penumpang Pelindo Dumai, yaitu Ferry Mutiara Mas III melayani rute Dumai- Muar (Johor, Malaysia) dan Dumai Line 5 rute domestik.

Salah satu aspek penting dari kegiatan uji petik ini adalah peralatan keselamatan, serta antisipasi insiden dan dengan menerapkan sistem darurat untuk menghindari kepanikan.

“Setiap ada momen besar, tim rutin periksa kondisi kapal, alat keselamatan dan alat antisipasi darurat seperti pemadam,” sebutnya.

Dari uji petik ini, dua kapal ferry dipastikan dalam kondisi layak berlayar dan bisa mengangkut penumpang atau pemudik yang menggunakan moda transpotasi laut.

Sementara itu, terkait angkutan lebaran, Polres Dumai menyiapkan lima posko untuk mengawal situasi arus mudik Idul Fitri 1439 H dan memberikan rasa nyaman pada masyarakat, yaitu dua pos pengamanan dan tiga pos pelayanan.

Kabag Operasi Polres Dumai Kompol GTP Siringgo Ringo menyebut, posko pengamanan dibuka di Jalan Jenderal Sudirman dan Simpang Jalan Perwira, ditambah posko pelayanan di terminal penumpang Pelindo, pelabuhan Roro dan Terminal AKAP di Jalan Kelakap Tujuh.

“Lima pos disiapkan untuk mengawal dan mengamankan proses mudik lebaran 2018 dengan personel siaga menjaga situasi,” kata Kompol GTP Siringo Ringo pada wartawan.

Posko pengamanan dan pelayanan dioperasikan selama 18 hari, mulai 8-25 Juni dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Muara Takus 2018, untuk keamanan dan kenyamanan pemudik. (Ant/Hrn)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]