Pelindo Dumai Diminta Percepat Penataan Dermaga Penumpang

238
Aktivitas pemudik di Pelabuhan Dumai. (foto:Istimewa)

DUMAI, SERUJI.CO.ID –┬áKepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Taufik meminta Pelindo Dumai agar mempercepat proses penataan ponton di dermaga penumpang agar pengaturan kedatangan maupun keberangkatan pemudik tidak terkendala.

Menurutnya, angka pemudik datang diperkirakan bakal terus bertambah, dan kesiapan serta pelayanan pelabuhan dinilai juga sudah cukup bagus, meski terkendala ponton dermaga.

“Proses pengaturan naik turun penumpang agar tidak terkendala dan penataan ponton dermaga diharap dipercepat supaya tidak terjadi penumpukan pemudik,” kata Taufik di Dumai, Ahad (10/6).

Loading...

Dikatakan, unsur penyelenggara angkutan lebaran di pelabuhan penumpang Pelindo Dumai diharap mampu melayani masyarakat dengan baik memuaskan karena arus kedatangan meningkat pesat.

Semua petugas terlibat dalam penyelenggara angkutan lebaran dihimbau untuk siaga karena lonjakan penumpang diprediksi terjadi tiga dan dua hari sebelum Idul Fitri 1439 Hijriah, termasuk tim medis.

“Semua penumpang untuk tujuan domestik dan internasional diharap dapat terlayani dengan baik, dan petugas agar terus siaga karena akan terjadi peningkatan di hari berikutnya,” sebut kadishub.

Sementara, data dihimpun dari Pos Pelayanan Operasi Ketupat Muara Takus 2018, jumlah penumpang pada Sabtu (9/6) mencapai 2.164 orang, dan 1.623 orang di Jumat (8/6).

Jumlah kapal feri dikerahkan untuk melayani pemudik datang dan berangkat dalam dua hari itu sebanyak 15 armada, atau ada pertambahan dari hari normal.

Sebelumnya, Manager Operasi Dumai Express Ayong mengaku, pemudik datang dari sejumlah kota Malaysia dan rute domestik di pelabuhan Dumai langsung meningkat, diperkirakan dua ribu orang singgah pada Sabtu (9/6).

Guna melayani penumpang datang, baik rute domestik dari Batam, Tanjung Balai Karimun dan luar negeri Port Dickson, Port Klang dan Malaka, armada feri ditambah empat kapal untuk mengangkut pemudik.

“Lonjakan penumpang sudah terjadi, dan kita menambah armada kapal feru untuk rute domestik dan luar negeri,” sebut Ayong.

Diakui, pelayanan penumpang terkendala kurangnya ponton di dermaga terminal laut Pelindo Dumai, sehingga proses aktivitas naik turun penumpang cukup memakan waktu, sehingga perlu ditambah. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]