Pemudik Mulai Meningkat di Terminal Bus Dumai

601
Aktivitas pemudik di terminal bus di Dumai. (foto:Istimewa)

DUMAI, SERUJI.CO.ID –¬†Jumlah pemudik angkutan darat mulai meningkat di Terminal Bus Tipe A Dumai jelang lebaran 2018 mencapai 2.271 orang pada Sabtu (9/6) dan Ahad (10/6), didominasi rute Provinsi Sumatera Barat dan Sumut.

Koordinator Terminal Bus Tipe A Dumai Agustinto menyebut, untuk mendukung kelancaran angkutan lebaran, dilakukan penataan kawasan parkir agar tidak ada penumpukan kendaraan.

“Pemudik di terminal bus mulai meningkat, dan kita berlakukan pembagian kawasan parkir bagi roda empat dan roda dua agar kendaraan tidak bertumpuk,” kata Agus pada pers, Senin (11/6).

Loading...

Dijelaskan, penataan areal parkir juga agar ada pembagian kendaraan pengantar, sehingga tidak mengganggu aktifitas keberangkatan dan kedatangan bus di terminal.

Dinas Perhubungan Dumai menempatkan petugas untuk menguji kelayakan bus angkutan lebaran di terminal bus dan sekaligus membantu petugas balai pengelola transportasi darat.

“Setiap bus di terminal mengangkut pemudik terlebih dahulu diperiksa untuk memastikan layak jalan dan faktor keselamatan,” kata Kepala Dishub Dumai Asnar.

Untuk menjaga kelancaran arus mudik angkutan lebaran 2018, Dinas Perhubungan Dumai mendirikan posko perhubungan darat di terminal bus dan Pelabuhan Kapal Roro Dumai-Rupat.

Data dihimpun Pos Pelayanan Operasi Ketupat Muara Takus 2018 Terminal Bus Tipe A Dumai, jumlah penumpang meningkat pada, Ahad (10/6) dengan pemudik berangkat mencapai 1213 orang, dan 1.058 orang di Sabtu (11/6).

Jumlah bus mengangkut penumpang berangkat ke sejumlah daerah di Sumut dan Sumbar mencapai 68 unit pada Sabtu (9/6) dan 59 bus melayani pemudik di Ahad (10/6).

Kepala Pos Pelayanan Terminal Bus Tipe A Ipda Manurung kepada wartawan mengatakan, peningkatan jumlah penumpang sudah terlihat sejak Jum’at (8/6) seiring masuknya cuti bersama Idul Fitri 2018.

“Diprediksi peningkatan jumlah penumpang terus terjadi hingga sehari jelang lebaran, dan sejauh ini tidak ada kendala dalam keberangkatan bus,” sebutnya.

Guna memberikan rasa aman bagi masyarakat pada momen arus mudik lebaran ini, petugas kepolisian berjaga mencegah terjadinya aksi kriminal pada pemudik, baik berangkat atau datang di terminal bus. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]