Usai Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok di Dumai Naik

0
18
Pasar Tradisional (ilustrasi)
loading...

DUMAI, SERUJI.CO.ID –┬áKepala Dinas Perdagangan Kota Dumai, Zulkarnaen menyebutkan harga sejumlah kebutuhan pokok sepekan usai Lebaran 2018 mengalami kenaikan, tapi tidak signifikan.

“Kenaikan harga bahan pokok hanya terjadi di beberapa komoditi, namun masih wajar dan tidak signifikan,” kata Zulkarnaen kepada wartawan, di Dumai, Kamis (28/6).

Untuk beberapa jenis kebutuhan pokok, kata dia, masih stabil, seperti gula pasir dan minyak goreng.

Dinas Perdagangan Kota Dumai, kata dia, terus memantau kondisi harga pasar, sekaligus mengantisipasi adanya kendala distribusi dan penimbunan.

Dijelaskan, tim monitoring setiap hari diturunkan untuk mengawasi harga di sejumlah pasar tradisional dengan menyasar komoditi pangan alami kenaikan dan pencegahan ulah spekulan menaikkan harga komoditi pangan secara sepihak.

Pemantauan harga bahan pokok di Pasar Tradisional Bunda Sri Mersing Dumai, harga cabai merah asal Bukittinggi naik menjadi Rp30 ribu/Kg dari sebelumnya sekitar Rp25 ribu/Kg.

Komoditi cabai merah dari Medan masih bertahan di harga Rp26 ribu/Kg, demikian juga cabai lokal Rp20 ribu/Kg.

Kemudian, harga bawang merah Rp34 ribu/Kg, bawang putih Rp20 ribu/Kg, kentang Rp10 ribu/Kg dan tomat Rp10 ribu/Kg.

Selain itu, bahan sayuran seperti sawi, kol, daun bawang dan buncis mulai naik, kondisi ini dipicu persediaan di pasar mulai menipis sehingga membuat harga melambung.

Untuk harga daging ayam ras rata rata naik Rp3.000/Kg, atau dari Rp30 ribu/Kg, menjadi Rp33 ribu/Kg, sedangkan harga daging sapi masih bertahan di harga Rp120 ribu/Kg.

Seorang pedagang di Pasar Sri Bunda Sri Mersing, Diana mengatakan, kenaikkan harga karena pasokan berkurang, dan masih menanti persediaan dari penyalur komoditi pangan berasal dari luar daerah.

“Pembeli juga belum normal seperti biasa, ditambah lagi stok minim, sehingga harga mengalami kenaikan,” katanya. (Ant/SR01)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU