Bakamla RI Luncurkan Tiga Kapal Patroli Karya Anak Bangsa

429
KN Pulau Dana 8003 salah satu kapal patroli milik Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia. (foto:Istimewa)

BATAM, SERUJI.CO.ID – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia meluncurkan tiga kapal patroli karya anak bangsa, di galangan PT Citra Shipyard, Tanjunguncang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

“Ketiga kapal patroli tersebut memiliki panjang 80 meter, lebar 7,90 meter dan tinggi 14,4 meter, dengan kecepatan hingga mencapai 22 knot dan memiliki mesin penggerak 2 unit MAN/18VP185TM,” kata Plt Deputi Operasi Laut, Laksma Bakamla Guntur Wahyudi, di Batam, Kamis (13/12).

Guntur menjelaskan nama ketiga Kapal Negara 80 Meter ini seluruhnya diambil dari nama pulau terluar Indonesia, yakni KN Pulau Nipah 8001, KN Pulau Marore 8002, dan KN. Pulau Dana 8003.

Loading...

“Pembangunan tiga unit kapal patroli Bakamla kelas 80 meter tersebut, memiliki makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan dan keamanan nasional,” ujarnya.

Hal itu, lanjutnya, membuktikan bahwa putra-putri bangsa Indonesia mampu melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi penyelenggaraan industri pertahanan dan keamanan.

“Terutama dalam hal mengembangkan teknologi industri perkapalan nasional yang bermanfaat bagi pertahanan, keamanan dan kepentingan nasional lainnya,” katanya.

Hal itu, katanya, merupakan salah satu solusi konkrit dalam mengurangi ketergantungan dari negara lain terkait dengan pengadaan kapal patroli di masa yang akan datang.

“Pembangunan tiga unit kapal patroli Bakamla kelas 80 meter itu diharapkan dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan Bakamla RI,” ujarnya.

Khususnya bagi kebutuhan unsur operasional dalam mengemban tugas dalam melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

“Kehadiran kapal ini tentunya akan menjadi bagian penting dalam mendukung terwujudnya negara Indonesia sebagai poros maritim dunia,” pungkasnya.

Peluncuran tiga kapal patroli tersebut ditandai dengan pernyataan resmi pemberian nama dan pemotongan tali pengikat kendi serta penekanan sirene. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]