close

Masyarakat Kuansing Gelar Festival Pacu Jalur Uji Coba

KUANTAN SINGINGI, SERUJI.CO.ID –  Masyarakat Pengian Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menggelar Festival Pacu Jalur Uji Coba (FJUC) sebagai hiburan penduduk di Tepan Rajo Pengean pada 6-8 Juli 2018 dengan merebutkan hadiah total mencapai Rp60 juta.

“Festival seni budaya ini sangat ditunggu oleh semua pihak,” kata Camat Kecamatan Pengian Mahvien Trikon Putra di Teluk Kuantan, Jumat (22/6).

Camat mengatakan, ajang uji nyali pacu jalur yang terbuat dari kayu ini adalah merupakan partai pemanasan sebelum dilaksanakan pacu jalur tingkat rayon dan tingkat nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan.

Peserta akan bersaing untuk memperebutkan sejumlah hadiah menarik. Di tahun 2018, kecamatan ini tidak mendapatkan jatah rayon, untuk itu kesepakatan bersama dilaksanakan event uji coba.

“Dukungan semua pihak tentu tetap diharapkan agar semua berjalan lancar,” sebutnya.

Masyarakat sangat optimis semua akan berjalan sukses, saat ini sedang dalam proses persiapan, terbuka untuk peserta dari Kuansing sendiri maupun luar daerah seperti Indragiri Hulu yang ingin ikut berpartisipasi.

Pacu jalur bukan saja pergelaran seni, tetapi lebih dari pada itu untuk mempererat hubungan kekeluargaan maupun silaturahim masyarakat, pemerintah dan peserta serta mengibur masyarakat.

Baca juga: Kota Lama Gelar Pacu Sampan Mini Tradisional

Masyarakat Kuansing Harman menyebutkan, pacu jalur sudah menjadi program seni hiburan di Kuansing, apapun namanya pasti ramai dan sukses dilaksanakan, karena seperti sangat ditunggu-tunggu oleh siapapun seolah sudah semacam kebutuhan.

“Kami semua mendukung penuh kegiatan itu berjalan lancar,” ujarnya.

Hanya saja, setiap perlombaan sebaiknya dipromosikan dengan optimal karena, semua masyarakat ingin tahu kegiatan itu, termasuk jadwalnya sehingga pada saat digelar ribuan warga yang hadir dan kesempatan itu justru dapat meningkatkan ekonomi.

“Masyarakat dapat berjualan, terjadi transaksi ekonomi, hikmah dibalik pacu itu sangat tinggi,” tegasnya. (Ant/SR01)


  • 1
    Share

KOLOM

Mengurai Sengkarut Pikir Negeri

Oleh: Prof. Daniel Mohammad Rosyid, Guru Besar ITS Surabaya SERUJI.CO.ID - Awalnya adalah reformasi yang dibayangi kekhawatiran 30 tahun kediktatoran Soeharto yang akan terulang, maka konstitusi...

Mengurai Sengkarut Pikir Negeri

Oleh: Prof. Daniel Mohammad Rosyid, Guru Besar ITS Surabaya SERUJI.CO.ID - Awalnya adalah reformasi yang dibayangi kekhawatiran 30 tahun kediktatoran Soeharto yang akan terulang, maka konstitusi...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Meski Hujan Guyur Pekanbaru, Jamaah Subuh Padati Tabligh Akbar Ustadz Somad

Hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru sejak dini hari, tidak menyurutkan semangat warga untuk hadir pada Sholat Subuh berjamaah dan Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad (UAS) di Masjid Paripurna Raudhatus Shalihin, Jalan Bukit Barisan, Tenaya Raya, Pekanbaru. Dalam Tabligh Akbar-nya kali ini, UAS mengangkat tema "Solusi Islam Dalam Menuntaskan Kemiskinan".

Penumpang Pesawat di BIM Turun Hingga 3.000 Orang Per Hari

PADANG PARIAMAN, SERUJI.CO.ID - PT Angkasa Pura II menyatakan...

Hadapi Pemilu 2019, PKS Sumut Gelar Kemah Bakti Nusantara

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera...

Yusril: Dukungan PBB Cenderung ke Jokowi-KH Ma’ruf

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai...

Nekat Jadi Kurir Sabu, Mahasiswa Ini Bersama Rekannya Diciduk Polisi

DUMAI, SERUJI.CO.ID - Seorang mahasiswa berinisial A (25) dan...

Bawaslu Tanjungpinang Gelar Lomba Menulis Pantun Bertema Pemilu 2019

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang,...

Polri Buka Penerimaan Calon Perwira Melalui SIPSS

BATAM, SERUJI.CO.ID - Polri membuka seleksi penerimaan calon perwira...

TERPOPULER

Pemkab Siak Tindaklanjuti Grup Medsos LGBT

Pemkab Siak bersama MUI dan Kemenag akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah agar anak-anak tidak terjerumus perilaku menyimpang LGBT.