Gatot Nurmantyo: Sekarang Masa Panen Kok Impor, Untuk Apa?

757
Gatot Nurmantyo
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. (foto:Istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kebijakan impor pangan yang diambil Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita turut mendapat sorotan dari mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Menurut Gatot, Indonesia sekarang memasuki masa panen sehingga impor beras tidak diperlukan.

“Sekarang saatnya panen, kok impor? Untuk apa?” tanyanya dalam akun Twitter @Nurmantyo_Gatot, Senin (24/9).

Loading...

Impor pangan semakin dirasa aneh bagi Gatot lantaran Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso telah memastikan cadangan beras Indonesia cukup hingga Juni 2019.

“Ka Bulog yg mengurusi stok pangan bilang tdk perlu impor karena cadangan beras cukup sampai Juni 2019,” lanjut Gatot.

Bulog merupakan lembaga yang memiliki kewenangan dalam mengurusi stok pangan. Dengan kata lain, impor yang dilakukan telah mengacuhkan data dari lembaga yang kredibel tersebut.

Kemudian Gatot menjelaskan Indonesia adalah negara agraris sehingga rakyat Indonesia makan nasi dari petani-petani Indonesia, dan para petani adalah tulang punggung pangan Indonesia.

“Indonesia negara agraris. Kita makan nasi dari petani-petani kita. Mereka tulang punggung pangan kita. Kok tetap mau impor! Ada apa?” sambungnya.

Sebelumnya, Bulog menyatakan bahwa saat ini stok cadangan beras yang ada di gudang mencapai 2,4 juta ton. Jumlah ini dinilai mencukupi bahkan untuk kebutuhan pangan di Tahun Politik 2019 sehingga Indonesia tidak perlu melakukan impor beras.

Baca juga: Buwas Tegaskan Bulog Tak Impor Beras hingga Juni 2019

Jumlah tersebut belum termasuk beras impor yang akan masuk pada Oktober sebesar 400 ribu ton sehingga total stoknya menjadi 2,8 juta ton, atau 2,7 juta ton jika dikurangi dengan kebutuhan Beras Sejahtera (Rastra) 100 ribu ton. (SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]