Layani Arus Balik, Enam Ferry Dikerahkan di Pelabuhan Dumai

0
4
Penumpang kapal feri (ilustrasi)

DUMAI, SERUJI.CO.ID –¬†Perusahaan Ferry Dumai Line mengerahkan enam kapal melayani pemudik berangkat tujuan domestik dari pelabuhan penumpang Pelindo Dumai pada Sabtu (23/6), dan puncak arus balik diprediksi terjadi Ahad (24/6).

Manajer Operasi Dumai Line Ayong di Dumai, Sabtu (23/6), mengatakan, terminal penumpang Pelindo hingga kini masih ramai dilewati pemudik berangkat ke sejumlah daerah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau mencapai seribuan orang.

“Hari ini seribuan orang berangkat tujuan domestik diangkut dengan empat kapal ferry,” ujar Ayong.

Disebutkan, Dumai Line bernaung di bawah PT Lestari Indoma Bahari ini juga melayani rute lain, yaitu dua ferry untuk keberangkatan tujuan luar negeri, kedatangan domestik tiga kapal dan luar negeri dua armada.

Dia memprediksi puncak arus balik bakal terjadi Ahad besok, dan bisa juga hingga akhir bulan ini karena bertepatan berakhirnya liburan sekolah dan belum semua pemudik pulang lewat pelabuhan.

“Kita belum tahu, puncak arus balik bisa terjadi besok atau akhir bulan nanti,” sebutnya.

Pos Pelayanan Terminal Penumpang Laut Pelabuhan Pelindo I Dumai mencatat angka pemudik datang dan berangkat sejak H-8 sebelum dan H+4 setelah Idul Fitri 1439 H capai 46.259 orang.

Penumpang turun di pelabuhan Pelindo Dumai lebih mendominasi yaitu 19.159 pemudik, sedangkan kedatangan dari Port Klang, Port Dickson, Muar dan Malaka Malaysia mencapai 10.381 orang, atau total 29.540 jiwa.

Kemudian, untuk jumlah keberangkatan dari pelabuhan Dumai ke tujuan lokal tercatat 10.437 orang dan menuju luar negeri hanya 6.282 pemudik, atau total 16.719 penumpang.

Sementara, Kapolres Dumai AKBP Restika PN menyebut, jumlah penumpang berangkat di pelabuhan laut Pelindo cenderung meningkat pada arus balik lebaran ini, dan situasi dalam keadaan aman kondusif.

“Situasi masih aman kondusif, dan petugas memberikan pelayanan untuk kelancaran arus mudik dan menekan terjadi gangguan Kamtibmas serta tindak pidana terorisme,” kata kapolres. (Ant/SR01)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA