Lebaran H+3, Pelabuhan Dumai Disinggahi 3.769 Pemudik

118
Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan. (foto:Istimewa)

DUMAI, SERUJI.CO.ID –┬áSatu hari jelang masuk kerja pegawai usai libur lebaran 2018 atau Rabu (20/6), Terminal Pelabuhan Penumpang PT Pelindo I Dumai dilalui sebanyak 3.769 pemudik untuk rute domestik dan luar negeri.

Kapolres Dumai Ajun Kombes Polisi Restika P Nainggolan di Dumai, Kamis (21/6), mengatakan, angka penumpang berangkat dari pelabuhan pada H+3 Idul Fitri 1439 Hijriah tercatat lebih banyak dibanding kedatangan, yaitu 460 orang rute domestik dan 1.469 pemudik tujuan luar negeri.

“Terjadi penurunan jumlah penumpang kapal ferry terutama untuk kedatangan dari domestik, sedangkan pemudik berangkat justru meningkat selama arus balik lebaran ini,” kata Kapolres Restika pada wartawan.

Loading...

Data Pos Pelayanan Terminal Penumpang Pelabuhan PT Pelindo I Dumai mencatat angka pemudik datang dari lokal dan luar negeri pada H+3 lebaran itu sebanyak 1.840 orang, terdiri 922 orang pemudik berangkat dari Malaysia dan 918 orang berasal sejumlah daerah di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.

Posko pelayanan penumpang laut di Pelabuhan Dumai dikawal 16 personel gabungan, terdiri 11 polisi, 2 dinas perhubungan, 1 TNI AL, 1 Satpol PP dan 1 personel kesatuan penjagaan laut dan pantai.

Petugas pos pelayanan memberikan pengamanan dan penggalangan terhadap agen perjalanan, instansi terkait, penumpang dan situasi di seputaran pelabuhan dalam rangka menekan terjadinya gangguan keamanan ketertiban masyarakat serta tindak pidana terorisme.

“Fungsi petugas di posko juga untuk melakukan koordinasi dengan agen perjalanan maupun instansi terkait dalam rangka mengetahui data penumpang, baik keberangkatan maupun kedatangan domestik dan luar negeri,” sebutnya.

Pengangkutan penumpang laut dalam negeri dan mancanegara di terminal pelabuhan Penumpang Dumai dilayani sejumlah perusahaan armada ferry, yaitu PT Pelnas Lestari Indoma Bahari (Bengkalis, Kepri dan Malaysia), PT Batam Bahari Sejahtera (Bengkalis, Meranti dan Provinsi Kepri), PT Spectra Tirta Segara Line (Muar Johor Malaysia) dan PT Jatarim Binau Lines (Port Dickson).

“Situasi di seputaran terminal pelabuhan penumpang laut dumai hingga kini masih dalam keadaan aman dan kondusif,” demikian Kapolres AKBP Restika. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]