Pasar Logas Terbakar, Sebelas Kios Hangus

388
Kebakaran pasar (ilustrasi)

KUANTAN SINGINGI, SERUJI.CO.ID –┬áPasar tradisional Logas di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, hangus terbakar. Kebakaran tersebut menyebabkan sebelas kios ludes dilalap api, dan kerugian mencapai miliaran rupiah, serta mengganggu perekonomian masyarakat setempat.

“Saya prihatin melihat kondisi pasar Logas yang dilalap api tersebut,” kata Wakil Bupati Kuantan Singingi Halim di Teluk Kuantan, Senin (11/6).

Pasar tradisional tersebut menurut informasi warga setempat diketahui terbakar pada Ahad (10/6) dini hari.

Loading...

Wakil Bupati Halim didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Dianto Mampanini meninjau langsung lokasi kebakaran, setelah menerima informasi dari masyarakat bahwa kondisi pasar sudah hangus, sejumlah barang tidak dapat diselamatkan.

Halim menyaksikan puing-puing yang tersisa, puluhan kios tempat pedagang menjajakan dagangannya rata dengqn tanah. Ini dapat memicu terganggunya ekonomi masyarakat karena tidak dapat bertransaksi di pasar tersebut.

“Saya berharap semua pihak bersabar, semua ini ada hikmahnya,” katanya.

Menurutnya, api dapat dipadamkan setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran turun, untuk kerugian belum bisa diinventarisasi dan syukurlah tidak ada korban jiwa akibat musibah tersebut.

Untuk pembangunan selanjutnya, ujar Halim, kepala desa dapat menyiapkan surat menyurat dan detail perencanaan bangunan, nanti akan diupayakan menggunakan dana pusat. Semua pedagang diminta tetap tenang, pemerintah tidak akan diam menyikapi hal ini.

Sekretaris Daerah Kuansing Dianto Mampanini mengatakan, kebakaran diduga disebabkan oleh arus pendek listrik di salah satu kios, setelah api membesar merambah ke kios lainnya. Karena letaknya jauh dari pusat pemerintahan, kobaran api cukup lama baru bisa dipadamkan.

“Kami sangat prihatin melihat kondisi ini dan akan mencarikan solusinya,” ujarnya.

Menurutnya, karena musibah ini bukan faktor kesengajaan maka pemerintah daerah secepatnya akan menindaklanjuti keinginan masyarakat dan pedagang yang ingin memiliki pasar baru sebagai pusat transaksi ekonomi.

Terkait peristiwa terbakarnya pasar Logas tersebut pihak kepolisian setempat belum dapat dimintai keterangan. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]