Partisipasi Pemilih di Kawasan Pelabuhan Pekanbaru Rendah

161
Kota Pekanbaru yang diguyur hujan dan banjir (ilustrasi)

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID –┬áPanitia Pemungutan Suara (PPS) di dua tempat pemungutan suara (TPS) di kawasan Pelabuhan Sungai Duku, Kota Pekanbaru menyatakan angka partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2018 rendah.

“Lebih dari setengah daftar pemilih tetap di sini yang tidak ikut mencoblos,” ucap Eko salah seorang pengawas di TPS 38 Kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru, Rabu (27/6).

Eko menjelaskan bahwa sampai pukul 13.00 WIB, jumlah warga yang ikut dalam pencoblosan ialah sebanyak 98 orang. Sedangkan jumlah DPT di TPS tersebut ada 200 orang. Jumlah tersebut dikatakan Eko sangat jauh dari harapan pasalnya pihak panitia sendiri mengaku sudah melakukan berbagai upaya guna menarik perhatian masyarakat untuk datang dan menggunakan hak suara.

Loading...

Menurut Eko, rendahnya partisipasi masyarakat tersebut lantaran kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Pasalnya hujan yang turun semenjak tengah malam tadi hingga sekitar pukul 10 siang menyebabkan genangan air di lokasi tersebut.

Pantauan di lapangan, terlihat sejumlah warga yang berada di sekitar lokasi tersebut yang mengaku tidak menggunakan hak suaranya. Irma salah seorang warga mengatakan sengaja tidak ikut dalam pilkada tersebut lantaran malas keluar rumah akibat hujan. Selain itu Irma menuturkan bahwa para pasangan calon yang bertarung dalam pilkada tersebut dinilai kurang perhatian kepada warga yang berada di sekitar pelabuhan Sungai Duku tersebut.

“Mana ada pasangan calon yang datang kesini. Sekedar bertanya soal keluh kesah kamipun tidak,” ucap Irma.

Hal senada juga disampaikan Pendi, salah seorang anggota PPS di TPS 36 yang berada di kelurahan Tanjung Rhu. Dari total 167 DPT di kawasan tersebut, jumlah masyarakat yang ikut mencoblos hanyalah sebanyak 86 orang. Jumlah tersebut dinilai cukup rendah dari perkiraan pihaknya.

Menurutnya hujan yang turun semenjak kemarin malam hingga jelang siang tadi menjadi alasan dari rendahnya partisipasi masyarakat tersebut. Hal ini berdasarkan pengakuan dari beberapa pencoblos yang menyebutkan bahwa tetangga mereka enggan keluar rumah lantaran hujan. Kendati demikian Pendi menuturkan bahwa pilkada di kawasan pelabuhan tersebut berjalan lancar dan kondusif. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]