10 Kada di Sumbar Dukung Jokowi, Pengamat: Tak Akan Pengaruhi Suara Pilpres

291
Pilpres 2019
Kandidat Pilpres 2019 (ilustrasi).

PADANG, SERUJI.CO.ID – Pengamat politik Universitas Andalas (Unand) Padang, Edi Indrizal menilai deklarasi 10 kepala daerah di Sumatera Barat yang mendukung Presiden Jokowi dua periode tidak akan berpengaruh banyak terhadap perolehan suara pada pilpres 2019.

“Belajar dari hasil pilpres 2014 yang saat itu Jokowi mendapatkan suara terendah di Sumbar, kendati saat ini ada deklarasi dukungan dari kepala daerah tidak serta merta membuat perolehan suara berpeluang meningkat,” kata Edi di Padang, Rabu (19/9).

Menurut dia, akar persoalan kenapa Jokowi sulit mendapat tempat di hati masyarakat Sumbar saat pilpres adalah faktor partai pengusung yaitu PDI Perjuangan.

Loading...

“Buktinya dulu saat Prabowo jadi calon wakil presiden mendampingi Megawati tidak mendapat suara, namun setelah diusung oleh Gerindra pada 2014 menang telak di Sumbar,” katanya.

Ia menilai hal itu bisa terjadi tak lepas dari kombinasi faktor sosiologis, psikologis yang berkelindan dengan ideologi PDI Perjuangan.

Edi melihat dukungan para kepala daerah terhadap Jokowi sebenarnya cukup argumentatif karena walaupun pada pilpres 2014 kalah di Sumbar, tapi Presiden cukup tinggi perhatiannya dalam bentuk kunjungan dan berbagai program pusat yang dilaksanakan.

Pada sisi lain ia melihat kendati para kepala daerah telah mendeklarasikan dukungan, belum tentu mereka akan bergerak penuh untuk memenangkan karena juga terdapat beberapa konflik kepentingan.

“Misalnya ada bupati yang menjadi Ketua PAN yang notabene mengusung Prabowo, namun malah mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 10 kepala daerah di Sumatera Barat (Sumbar) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019 mendatang, pada Selasa (18/9) di Padang.

Baca juga: Dinilai Berhasil, 10 Kepala Daerah di Sumbar Ini Deklarasi Dukung Jokowi

Kesepuluh kepala daerah ini menganggap Jokowi telah berhasil menjalankan berbagai program pembangunan yang dirasakan langsung masyarakat di daerah, sehingga Jokowi layak diberi kesempatan menjabat kedua kalinya. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]