Jelang Pengumuman The Fed, Rupiah Melemah ke Rp14.894

93
kurs rupiah
Ilustrasi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áPergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore ini bergerak melemah 24 poin menjadi Rp14.894 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.870 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra di Jakarta, Selasa (25/9) mengatakan menjelang pengumuman suku bunga the Fed pada pekan ini, dolar AS kembali bergerak naik terhadap mayoritas mata uang dunia termasuk rupiah.

“The Fed diperkirakan menaikkan suku bunganya untuk ketiga kalinya pada tahun ini,” katanya.

Loading...

Naiknya suku bunga the Fed, lanjut dia, maka membuat imbal hasil aset investasi di Amerika Serikat menjadi lebih menarik dibandingkan negara berkembang.

Ia menambahkan data kepercayaan konsumer Amerika Serikat yang akan dirilis pada pekan ini juga akan menjadi perhatian pasar. Jika data yang dirilis lebih baik dari ekspektasi maka berpotensi mendorong dolar AS lebih tinggi.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan sikap menahan diri pelaku pasar terhadap aset berisiko menjelang pertemuan FOMC membuat dolar AS cenderung menguat.

“Permintaan mata uang ‘safe haven’ meningkat menahan pergerakan rupiah,’ katanya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari ini (25/9), tercatat mata uang rupiah melemah menjadi Rp14.893 dibanding sebelumnya (24/9) di posisi Rp14.865 per dolar AS. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]