Diduga Sebarkan Hoax, Dua Akun Instagram Ini Dipolisikan BPJS Kesehatan

202
Fachmi Idris
Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris. (foto:Istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Manajemen Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendatangi Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Selasa (18/9), guna melaporkan dua pemilik akun Instagram yang diduga menyebarkan informasi bohong alias hoax atas dugaan tindak pidana pencemaran nama baik.

“Kami melaporkan adanya ujaran kebencian kepada BPJS Kesehatan terkait dengan pencemaran nama baik,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris di Kantor Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (18/9).

Akun Instagram @ifkarbirri dilaporkan karena mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan petinggi BPJS Kesehatan mengadakan jamuan makan malam di sebuah hotel mewah di Jakarta.

Loading...

Unggahan tersebut disertai caption yang menyebutkan BPJS Kesehatan berfoya-foya, sementara masih memiliki tunggakan kepada rumah sakit lain.

“Apakah etis sebuah lembaga seperti @bpjskesehatan_ri yang menunggak pembayaran ke RSUD-RSUD mengadakan acara seperti ini? Dinner BPJS, fantastis, luar biasa…”. Demikian penggalan tulisan akunĀ @ifkarbirri

Akun kedua yang dilaporkan adalah @anisadestya. Akun ini menggunggah kembali unggahan akun sebelumnya.

Setelah melakukan penelusuran kepada jajarannya, Fachmi mengatakan bahwa unggahan oleh dua akun itu adalah hoax. Unggahan tersebut dinilai telah mencemarkan nama baik BPJS Kesehatan.

“BPJS merasa dinner (dalam gambar yang diunggah terduga, red) tidak pernah dilakukan oleh BPJS kesehatan. Maka nama baiknya merasa tercemarkan,” kata Kuasa Hukum BPJS Kesehatan, La Ode Haris, pada kesempatan yang sama.

Dalam laporan yang disampaikan BPJS, pasal yang dituduhkan terhadap pelaku adalah Pasal 310 KUHP, Pasal 207 KUHP, dan Pasal 45 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]