close

Cagub Saling Klaim Kemenangan, KPU: Tunggu Hasil Resmi Pleno

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan umum (KPU) Provinsi Riau meminta masyarakat sabar menunggu hasil resmi pleno penghitungan suara Pilgub Riau 2018, guna menghindarkan polemik dari saling klaim kemenangan sejumlah pasangan calon.

“Hasil pemenangan Cagub yang sah itu berdasarkan pleno KPU ” kata Ketua KPU Riau Nurhamin di Pekanbaru, Kamis (28/6).

Nurhamin mengakui sejak penghitungan suara hasil Pilkada 2018 dilakukan pada masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga saat ini masing-masing Pasangan Calon mengajukan klaim perolehan suara tertinggi versi mereka. Padahal, Rapat Pleno KPU Riau tentang hasil Pilgub Riau dijadwalkan pada 7 hingga 9 Juli mendatang.

Hal tersebut dikhawatirkan akan membuat bingung masyarakat Riau, karena semua menyatakan kemenangannya.

Karena itu agar hal ini tidak menimbulkan polemik dan kekacauan politik, diharapkan semua masyarakat bersabar menunggu hasil yang diumumkan oleh KPU Riau, karena secara aturan undang-undang hanya itu yang sah lainnya tidak.

Walau Nurhamin tidak menampik pihaknya tak bisa melarang masing-masing paslon melakukan penghitungan cepat lewat tenaga sendiri.

“Apapun sudah selesai pemungutan suara jadi hasil sesuai apa yang di C1 akan diplenokan secara bertingkat prosedural. Formal yang ada sekarang itu boleh saja,” tuturnya.

Namun tetap kembali ke awal masyarakat harus tahu yang sah itu pleno KPU saja.

“Jadi sabar tunggu tahapannya,” pinta Nurhamin.

Ia menjelaskan, masyarakat sudah harus memahami kerja lembaga survey atau perhitungan real count. Sebab hasil sesungguhnya adalah penghitungan manual yang dilakukan KPU.

“Masyarakat harus mulai belajar. Ini pemilu bukan yang pertama bagi kita. Hasilnya juga bisa dikasih dan dibaca oleh masyarakat. Tapi mereka harus paham bahwa hasil itu bukan resmi,” kata dia lagi.

Informasi yang berkembang hari ini, dua kubu pemenangan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yakni Syamsuar-Edy Nasution dan Firdaus-Rusli Effensi saling klaim memenangkan Pilkada 2018.

Versi Syamsuar-Edy Nasution bahkan lebih awal sekitar pukul 16.00 WIB Rabu sudah mengikrarkan kemenangan dengan perolehan suara terbesar mencapai 38,17 persen.

Tidak tanggung-tanggung Lembaga riset dan konsultan politik Polmark Indonesia dalam hitung cepatnya (quick count), yang mengaku dibiayai paslon tersebut, menyatakan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar-Edy Nasution, memenangi Pilkada 2018 dengan perolehan suara suara 23.321 pada hitung cepat dua jam setelah pencoblosan.

“Hitung cepat Syamsuar-Edy Nasution suaranya teratas atau 38,17 persen,” kata Direktur Operasional Polmark Indonesia Maikal Febrian, di Kota Pekanbaru, Rabu (27/6).

Baca juga: Pilgub Riau, Polmark: Syamsuar-Edy Menang dengan 38,17 Persen

Berselang beberapa jam kemudian menjelang tengah malam, Tim koalisi Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Firdaus-Rusli juga optimis meraih kemenangan.

Optimisme ini mencuat berdasarkan hasil real count tim pemenangan Firdaus-Rusli dari 12 kabupaten/kota yang masuk ke pusat data posko koalisi menjelang dini hari.

“Dari data kita dapat menyatakan bahwa pasangan Firdaus-Rusli lebih unggul dari pasangan lain. Apalagi kalau nanti data dari Kampar yang menjadi lumbung suara kita masuk, tentu akan lebih melonjak lagi suaranya,” kata Ketua Tim Koalisi, Drh. Chaidir MM melalui rilis yang disampaikan di Pekanbaru.

Baca juga: Pilgub Riau, Firdaus-Rusli Klaim Menang 36,3 Persen

Menurut Chaidir penghitungan hingga pukul 21.30 WIB, pasangan Firdaus-Rusli meraih suara sebesar 36,3 persen, disusul pasangan Syamsuar-Edi 33,4 persen, Andi-Suyatno 16,5 persen, dan 11,6 persen. Data tersebut berasal dari 980 TPS dari 12.045 TPS yang ada.

Ditambahkannya, di Kampar yang jumlah pemilih dan partisipasi politiknya tinggi, pasangan Firdaus-Rusli meraih lebih 80 persen suara. Sedangkan di Inhil, yang jumlah suaranya juga besar pasangan Firdaus-Rusli menempati posisi kedua. (Ant/SR01)


KOLOM

Mengurai Sengkarut Pikir Negeri

Oleh: Prof. Daniel Mohammad Rosyid, Guru Besar ITS Surabaya SERUJI.CO.ID - Awalnya adalah reformasi yang dibayangi kekhawatiran 30 tahun kediktatoran Soeharto yang akan terulang, maka konstitusi...

Mengurai Sengkarut Pikir Negeri

Oleh: Prof. Daniel Mohammad Rosyid, Guru Besar ITS Surabaya SERUJI.CO.ID - Awalnya adalah reformasi yang dibayangi kekhawatiran 30 tahun kediktatoran Soeharto yang akan terulang, maka konstitusi...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Meski Hujan Guyur Pekanbaru, Jamaah Subuh Padati Tabligh Akbar Ustadz Somad

Hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru sejak dini hari, tidak menyurutkan semangat warga untuk hadir pada Sholat Subuh berjamaah dan Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad (UAS) di Masjid Paripurna Raudhatus Shalihin, Jalan Bukit Barisan, Tenaya Raya, Pekanbaru. Dalam Tabligh Akbar-nya kali ini, UAS mengangkat tema "Solusi Islam Dalam Menuntaskan Kemiskinan".

Akhirnya Rekapitulasi 34 Provinsi Selesai: Jokowi Menang 55,41 Persen, Inilah Rinciannya

Dengan selesainya rekapitulasi Provinsi Papua maka Jokowi-KH Ma’ruf berhasil meraih dukungan rakyat sebanyak 85.036.828 suara, atau 55,41 persen dari total suara sah yang berjumlah 153.479.321 suara. Sementara, Prabowo-Sandiaga meraih dukungan sebanyak 68.442.493 suara (44,59%).

Penumpang Pesawat di BIM Turun Hingga 3.000 Orang Per Hari

PADANG PARIAMAN, SERUJI.CO.ID - PT Angkasa Pura II menyatakan...

Hadapi Pemilu 2019, PKS Sumut Gelar Kemah Bakti Nusantara

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera...

Yusril: Dukungan PBB Cenderung ke Jokowi-KH Ma’ruf

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai...

Nekat Jadi Kurir Sabu, Mahasiswa Ini Bersama Rekannya Diciduk Polisi

DUMAI, SERUJI.CO.ID - Seorang mahasiswa berinisial A (25) dan...

Bawaslu Tanjungpinang Gelar Lomba Menulis Pantun Bertema Pemilu 2019

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang,...

Akhirnya Rekapitulasi 34 Provinsi Selesai: Jokowi Menang 55,41 Persen, Inilah Rinciannya

Dengan selesainya rekapitulasi Provinsi Papua maka Jokowi-KH Ma’ruf berhasil meraih dukungan rakyat sebanyak 85.036.828 suara, atau 55,41 persen dari total suara sah yang berjumlah 153.479.321 suara. Sementara, Prabowo-Sandiaga meraih dukungan sebanyak 68.442.493 suara (44,59%).

TERPOPULER