95 Persen Gelandangan di Pekanbaru Berasal Dari Luar

488
Gelandangan
Gelandangan dan pengemis (ilustrasi)

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID –  Ternyata sebanyak 95 persen gelandangan dan pengemis penyandang masalah di Kota Pekanbaru berasal dari luar daerah ini. Demikian diungkapkan Dinas Sosial dan Pemakaman (Dinsoskam) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

“Para gelandangan dan pengemis itu kebanyakan berasal dari Sumatera Barat, sisanya dari Sumatera Utara, dan daerah lainnya,” kata Ketua Seksi RTS-Korban Tindak Kekerasan dan Perdagangan Orang, Dinsoskam Pekanbaru, A. Benazir, di Pekanbaru, Selasa (2/10).

Menurut Benazir, para pengemis dan gelandangan tersebut berminat datang ke Pekanbaru karena daerah yang dijuluki “Kota Bertuah” ini potensial menjadi tempat mencari nafkah bagi mereka, namun sesuai peraturan, mereka harus tetap ditertibkan .

Loading...

Untuk menertibkannya, kata Benazir, Dinsoskam bersama Satpol PP melakukan penjaringan melalui razia gabungan dan untuk selanjutnya mereka dipulangkan ke daerah asalnya.

“Pemulangan para gelandangan dan pengemis dilakukan berkoordinasi dengan dinas sosial daerah asal mereka seperti Sumatera Barat dan Sumatera Utara, sebab mereka menjadi tanggung jawab instansi daerah asal,” kata Benazir.

Benazir menjelaskan, pemulangan gelandangan dan pengemis di Kota Pekanbaru ke daerah asalnya dilakukan terakhir pada Agustus dan September 2018.

Kebijakan ini, katanya, merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah sosial di Kota Pekanbaru yang memiliki motto “Kota Melayu, Kota Madani” itu.

Namun kemudian, ia mengakui menghadapi sejumlah kendala dalam menangani penertiban gelandangan dan pengemis di kota itu khususnya ketersediaan anggaran yang tidak mencukupi.

“Kendati anggaran tersedia minim, namun kami tetap berupaya melakukan penanganan secara maksimal, agar kota ini tetap menjadi tertib, indah berestetika sebagai kota metropolitan,” pungkasnya. (SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]