MUI Riau Minta Menag Kabulkan Keberadaan Embarkasi Haji

79
Gedung MUI Riau. (foto:Istimewa)

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID –┬áMajelis Ulama Indonesia Provinsi Riau melayangkan surat kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, agar mengabulkan permintaan Pemerintah Provinsi Riau untuk memiliki embarkasi haji antara mulai musim haji 2018.

Berdasarkan salinan surat MUI Riau yang diterima di Pekanbaru, Rabu (13/6), surat tertanggal 11 Juni 2018 itu ditandatangani oleh Ketua MUI Riau Prof Dr HM Nazir Karim, dan Sekretaris MUI Riau Zulhusni Domo. Surat dengan nomor 39/MUI-R/VI/2018 itu juga ditembuskan ke Presiden RI, Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua MUI Pusat hingga Kepala Kanwil Kemenag Riau.

“Mengingat makin dekatnya penyelanggaraan ibadah haji tahun 1439 H/2018 ini, maka kami juga ikut mendukung dan mengusulkan untuk sementara, Bapak Menteri Agama dapat mengabulkan keberadaan embarkasi haji antara untuk Provinsi Riau,” kata Ketua MUI Riau, Nazir Karim.

Loading...

Surat tersebut intinya sebagai dukungan dari MUI Riau dan umat Islam di setempat terkait rencana terhadap keberadaan embarkasi haji antara.

“Karena kami melihat seluruh faktor pendukung sudah dipersiapkan oleh Pemerintah Provinsi Riau,” ujarnya.

Hingga kini Pemprov Riau belum mendapat kepastian soal nasib Embarkasi Haji Antara dari Kementerian Agama (Kemenag) RI. Padahal usaha Pemprov Riau untuk mewujudkan fasilitas tersebut sudah maksimal.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Riau, Ahmad Hijazi menyatakan Pemprov Riau terus memperjuangkan embarkasi haji antara bisa terwujud di Kota Pekanbaru. Ia mengatakan rencana itu sudah disampaikan langasung kepada Presiden Jokowi, kemudian Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Wan Thamrin juga sudah menindaklanjuti pertemuan itu dengan bertemu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko hingga Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Siapa lagi yang akan kita temui, apakah kita harus ketemu Malaikat?” ujarnya.

Menurut dia, Pemprov Riau merasa sudah mengupayakan berbagai cara dalam proses pengusulan itu.

“Bermunajat sudah, Salat Tahajjud, Salat Hajad bermohon agar Riau diberikan fasilitas embarkasi antara sudah. Berikhtiar kita sudah maksimal, rasanya sudah luar biasa usaha yang dilakukan,” katanya. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]