Ayo Daftar! Kopertis X Gelar Entrepreneurship Award 2018

entrepreneurship award 2018
Launching Entrepreneurship Award 2018. (foto:kopertis10.or.id)

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID – Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X menantang seluruh mahasiswa dari universitas swasta yang ada di wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau dalam Entrepreneurship Award 2018 atau Entrepreneurship Award II dengan total hadiah mencapai Rp101 juta.

“Ini merupakan tantangan kami untuk melahirkan para entrepreneur muda,” ucap Koordinator Kopertis Wilayah X Prof Dr Herri di Pekanbaru, Kamis (28/6).

Herri menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah yang kedua kalinya digelar setelah sebelumnya Sumatera Barat menjadi tuan rumah. Sedangkan untuk periode kedua tersebut Riau terpilih menjadi tuan rumah dan Universitas Islam Riau didapuk sebagai penyelenggara.

Loading...

Menurutnya penyelenggaraan Kopertis Entrepreneurship Award yang kedua tersebut bertujuan untuk dapat melahirkan para pengusaha-pengusaha baru jebolan universitas. Hal ini lantaran masih banyaknya lulusan universitas yang terfokus dalam mencari kerja daripada menciptakan suatu lapangan pekerjaan baru.

“Kalau terus terfokus menjadi pekerja, mau sampai kapan begitu,” imbuhnya.

Lebih jauh Herri mengatakan bahwa pihak Kopertis X menyiapkan hadiah total Rp101 juta yang nantinya akan dijadikan modal usaha bagi para calon pengusaha muda tersebut. Menurutnya dengan total hadiah tersebut diharapkan keikutsertaa peserta sebanyak-banyaknya sehingga untuk kedepannya pihak Kopertis X akan lebih mudah dalam mencari calon pengusaha tersebut.

Setidaknya saat ini terdapat sekitar 250 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di empat Provinsi tersebut. Dari sekian banyak PTS tersebut diharapkan keikutsertaan dari masing-masing kampus dengan mengirimkan paling sedikit empat peserta. Sedangkan untuk jenis perlombaannya sendiri terdiri atas dua jenis yaitu untuk mereka yang sudah memiliki usaha maupun mereka yang akan memulai usaha.

Nantinya pihak panitia akan melakukan penilaian berdasarkan presentasi serta survei dari proposal peserta tersebut. Dengan melibatkan sejumlah ahli serta praktisi tentu diharapkan dapat memberikan penilaian yang sebaik-baiknya. Sehingga nantinya ratusan entrepreneur muda Indonesia akan dapat lahir.

“Ini sebenarnya adalah target jangka panjang. Maksudnya kegiatan ini tidak hanya sampai pada perlombaan saja, namun bagaimana menciptakan entrepeneur muda Indonesia,” ucapnya lagi.

Sebagai informasi, pendaftaran untuk kegitaan ini dibuka semenjak tanggal 28 Juni hingga 15 September, sedangkan untuk tahapan presentasi peserta akan diadakan pada 28 Oktober dan puncak acara akan berlangsung pada 29 Oktober.

Selain itu, pada puncak acara tersebut rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU