Bawaslu Riau Apresiasi Tim KPU Bersihkan APK

127
Tim KPU dan masyarakat membersihkan alat peraga kampanye (APK). (foto:Istimewa)

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID –┬áKetua Badan Pengawas Pemilihan Umum Riau mengapresiasi kesigapan tim KPU dan stakeholders terkait kemampuannya membersihkan alat peraga kampanye (APK) demi pengamanan masa tenang Pilkada 2018 setempat.

“Panwaslu kabupaten/kota bersama Panwascam dan PPL bekerjasama dengan KPU telah membersihkan APK,” kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan di Pekanbaru, Senin (25/6).

Rusidi mengatakan kerjasama yang solid dari tim sanggup menurunkan semua APK yang terpasang selama kampanye hingga tepat waktunya masa tenang mulai 24-26 Juni.

Loading...

“Semua berkat kerja keras tim, tidak ada pasangan calon yang menurunkan sendiri APK-nya,” katanya.

Sementara itu Komisioner KPU Riau, Ilham Yasir membenarkan bahwa pihaknya sudah menyurati semua tim pasangan calon yang ikut Pilkada untuk aktif menurunkan APK.

“Hingga pagi kemarin, KPU, Panwas, Satpol-PP Pekanbaru terus bekerja menyisir beberapa titik utama dan jalan protokol menurunkan APK,” ujarnya.

Penurunan APK ini sebut dia sesuai aturan PKPU pasal 30 ayat 4 PKU 4/2017 tentang Kampanye.

“Kutipan isinya demikian, perawatan, pemeliharaan dan pembersihan atau penurunan APK yang telah diserahkan kepada Tim Kampanye Paslon menjadi tanggungjawab paslon,” jelasnya.

Pantauan di lapangan hari kedua masa tenang kampanye sebelum pemilihan Gubernur Riau, 27 Juni, sejumlah ruas jalan yang sebelumnya ditempatkan APK sudah bersih.

“Sudah dicabut. Biasanya di persimpangan Jalan Durian ini ada APK, oleh anggota Panwaslu dan Satpol PP dicopot,” kata Ira (45) pedagang lontong Jalan Durian, Senin (25/6).

Sementara itu sejumlah pedagang lainnya di depan MTQ Jalan Jendral Sudirman juga mengakui hal yang sama.

Mereka menyaksikan pencopotan tersebut bahkan dilakukan pada malam hari.

“Kemarin malam saya lihat ada tim yang mencopot semua APK,” kata Ujang (40) pedagang Bakso.

Pemilihan Gubernur Riau 2018 diikuti empat pasangan calon, Syamsuar-Edi Natar nomor urut 1, Lukman Edy-Hardiyanto nomor urut 2, Firdaus-Rusli Ahmad nomor 3 dan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno nomor urut 4. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]