Dumai Baru Terima Tinta Logistik Pilgub Riau

201
Tinta pemilu. (ilustrasi)

DUMAI, SERUJI.CO.ID –┬áDivisi Logistik Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai Kurnia Ningsih menyebutkan bahwa logistik untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau yang diterima hanya tinta sebanyak 1.030 buah.

“Kalau tidak ada halangan, kita perkirakan kertas suara tiba di Dumai pada 12 Juni nanti, dan sementara yang sudah diterima baru tinta,” kata Ningsih, di Dumai, Riau, Kamis (7/6).

Menurut dia, sesuai jadwal KPU Riau, kertas suara untuk Kota Dumai mulai diberangkatkan dari percetakan pada Jumat 8 Juni 2018, dengan perkiraan waktu empat hari perjalanan.

Loading...

Ia mengatakan pendistribusian kotak tinta diterima KPU sesuai dengan banyak jumlah tempat pemungutan suara di Dumai, yaitu 515 TPS, dengan mendapat dua buah tinta.

Untuk penyaluran kertas suara, Dumai masuk zona 4 bersama sejumlah kabupaten di Riau, yaitu Kuasing, Pelalawan dan Siak dengan jadwal distribusi mulai 8 Juni 2018.

“Petugas pelipat kertas suara sudah disiapkan dengan jadwal pelipatan selama dua hari, yaitu 13 sampai 14 juni,” katanya.

Komisioner KPU Dumai Divisi Logistik ini mengaku sudah menyiapkan sekitar 20 kelompok terdiri 5 orang petugas pelipat dan sortir kertas suara tiap regu, dan diharap proses pelipatan lancar.

Disebutkan, tiap TPS Pilgub Riau di Dumai nantinya akan menerima suplai kertas suara sebanyak daftar pemilih tetap ditambah 2,5 persen cadangan.

KPU Dumai kini juga masih menunggu distribusi sejumlah logistik Pilgub Riau datang, yaitu semua jenis formulir, hologram dan segel, yang diharap tiba tepat waktu.

KPU Riau menyebutkan proses pengiriman logistik menganut asas prioritas, berdasarkan beberapa pertimbangan, misal letak jauh dan banyak pelosok desa, serta jumlah pemilih terbanyak.

“Surat suara tiba di daerah dan diterima KPU setempat, agar dapat dilakukan proses pelipatan dan dan sortiran,” kata Divisi Logistik Keuangan dan Umum KPU Riau Sri Rukmini di Pekanbaru.

Jumlah surat suara untuk Pilgub Riau dicetak sesuai pemilih tetap 3.622.488 juta jiwa, ditambah 2,5 persen per TPS sebanyak 12.048 tersebar di 12 kabupaten kota Riau.

Sementara, Kota Dumai terdiri dari tujuh kecamatan dan 33 kelurahan, jumlah TPS 515, pemilih laki-laki 87.090 dan perempuan 84.304, dengan total 171.394 pemilih. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]