KPU Inhu Selenggarakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Pemilih

114
Pemilu
Pemilu (ilustrasi)

RENGAT, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, menyelenggarakan rapat pleno terbuka mengenai rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran untuk Pemilihan Umum 2019.

“KPU juga mengadakan pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (PDPS),” kata Ketua KPU Kabupaten Indragiri Hulu Muhammad Amin di Rengat, Ahad (17/6).

Rapat pleno itu diselenggarakan di Aula Wisma Happy Pematangreba, Kecamatan Rengat Barat, Ahad (17/6), yang dihadiri oleh seluruh anggota KPU setempat. Pelaksanaan rapat pleno terbuka ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Loading...

Selain itu, bertolak pada PKPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019 dan PKPU No. 11/2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri.

Pleno tersebut, kata dia, juga merujuk pada ketentuan Pasal 18 ayat (1), (5), dan (6) PKPU No. 11/2018.

“Walaupun dalam kondisi berlebaran, proses tahapan penyelenggaraan pemilu harus berjalan sehingga tidak ada program yang tertinggal,” kata Muhammad Amin.

Menurut dia, KPU/KIP kabupaten/kota melakukan rekapitulasi tingkat kabupaten/kota setelah menerima salinan Formulir Model A.B.2 KPU dan Formulir model A.C.2-KPU dari PPK.

Dalam Ayat (5), disebutkan bahwa penetapan DPS dilakukan dalam rapat pleno terbuka. Setelah itu, akan dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh ketua dan anggota KPU/KIP kabupaten/kota.

Ayat (6) menyebutkan bahwa rapat pleno terbuka (RPT) sebagaimana dimaksud dihadiri oleh PPK, panwas kabupaten/kota, peserta pemilu, dan perangkat pemerintah.

“Kami berharap semua pihak mendukung suksesnya Pemilu 2019,” kata Muhammad Amin. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]