Peserta dan Pendukung Deklarasi Kampanye Damai di Riau

81
Kampanye Pemilu Damai Riau
Deklarasi Kampanye Damai di Riau. (foto: dok. KPU Riau)

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan peserta Pemilu 2019 se-Indonesia, secara serentak Ahad (23/9) ini, menyelenggarakan deklarasi kampanye damai.

Untuk KPU Riau, deklarasi dilaksanakan di Jalan Cut Nyak Dien, tepatnya di depan pustaka wilayah Soeman HS, atau di samping kantor gubernur Riau.

Kegiatan diawali dengan deklarasi bersama, yang diikuti oleh calon DPD RI, tim pemenangan pasangan capres dan Cawapres, dan partai peserta Pemilu 2019.

Loading...

Isi deklarasi tersebut di antaranya, mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Selanjutnya, melaksanakan kampanye Pemilu yang aman tertib damai, berintegritas, tanpa hoax dan politisasi SARA dan politik uang. Kemudian melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua KPU Riau, Nurhamin dalam sambutannya mengatakan, deklarasi Pemilu damai tersebut diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia, hingga ke kabupaten/kota.

“Kegiatan ini menjadi gerakan nasional yang dapat diikuti oleh semua pelaku politik. Baik itu pasangan capres peserta timsesnya berikut seluruh partai peserta pemilu,” ujar Nurhamin dalam sambutannya.

Di Pemilu serentak kali ini, dikatakan Nurhamin pihaknya ingin menciptakan pelaksanaan pemilu yang bersih, aman, damai dan berkualitas. Pemilu yang beradu program kerja serta program pembangunan yang diusung.

“Deklarasi Pemilu damai yang mengusung gerakan nasional ini juga bertujuan agar semua pihak tidak mengedepankan ujaran kebencian, hoax, kampanye hitam serta money politik,” kata mantan Ketua KPU Kampar ini

Selanjutnya dilakukan penandatanganan naskah deklarasi, serta pelepasan burung merpati bersama-sama.

Setelah itu, beramai-ramai pihak KPU, Forkopimda, serta peserta Pemilu 2019 melakukan pawai bersama.

Rute pawai mulai dari depan Puswil menuju bundaran tugu zapin, kemudian kembali ke arah depan Puswil.

Para pendukung juga banyak tampak memakai pakaian adat dari berbagai daerah, bahkan beberapa calon juga tampak menggunakan pakaian adat, sehingga memeriahkan kegiatan pawai tersebut.

Setelah kegiatan deklarasi itu dilaksanakan, selanjutnya juga digelar festival band, yang diikuti sejumlah SMA di Pekanbaru. Hal ini juga bertujuan untuk pelibatan pemilih pemula di Pemilu 2019 ini. (SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]