Ustadz Somad Batalkan Ceramah, Panitia: Tak Ada Penolakan di Malang

864
penolakan UAS
Instagram UAS tentang pembatalan tausiyah di Pulau Jawa. (Foto IG @ustadzabdulsomad)

MALANG, SERUJI.CO.ID – Ustadz Abdul Somad (UAS) membatalkan rangkaian tausiyah di sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur karena dugaan ancaman dan intimidasi. Gerakan Aswaja Malang Raya (Gamal) selaku pengundang UAS dan panitia acara tausiyah memastikan tak ada penolakan UAS di Malang.

Koordinator Umum Gamal Asadullah bin Alwy Alaydrus mengatakan, dari awal pihaknya sudah berusaha meyakinkan UAS bahwa di Malang aman dan tak ada elemen yang menolak. Bahkan pengamanan dari sejumlah ormas pun sudah siap untuk mengamankan UAS yang dijadwalkan memberikan ceramah di Masjid Jami Malang pada Ahad (2/9) lalu.

“Gamal berusaha meyakinkan UAS bahwa untuk acara di Malang, tidak ada elemen apapun yang menolak kedatangan beliau. Bahkan kita sudah menyiapkan pengamanan untuk beliau yang melibatkan semua elemen dengan tujuan ukhuwah islamiyah; Laskar Gamal, Banser, FPI, Kokam, dan Pemuda Pancasila,” kata Asadullah dalam keterangan tertulisnya yang dimuat di laman Facebook @aswajamalangraya, Selasa (4/9).

Loading...

Usaha itu, lanjut Asadullah, tetap gagal. UAS tetap batal mengisi acara di Malang.

“Maka kita pun tidak berdaya untuk memaksa sikap beliau agar berubah,” kata Asadullah.

Asadullah menambahkan, pembatalan acara di Malang ini imbas dari batalnya acara-acara UAS di sejumlah daerah karena dugaan ancaman dan intimidasi. Hal itu yang kemungkinan membuat UAS jengah, sehingga membatalkan seluruh ceramahnya, termasuk di Malang.

“UAS dan timnya mungkin sudah mulai jengah. Sehingga beliau memutuskan untuk membatalkan semua agenda beliau di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata Asadullah.

Sebelumnya pada Ahad (2/9) UAS menyampaikan pembatalan ceramahnya melalui akun instagram @ustadzabdulsomad yang sudah terverifikasi. Pembatalan tausiyah itu antara lain di Kota Malang, Boyolali, Jombang dan Kediri pada September 2018 ini.

Baca juga: LAM Riau Sesalkan Penolakan Ustadz Abdul Somad di Pulau Jawa

Selanjutnya Yogyakarta pada Oktober serta janji dengan Ustadz Zulfikar di Jawa Timur pada Desember. Ditulisnya ada beberapa ancaman, intimidasi, pembatalan dan lain-lain terhadap tausiyah di beberapa daerah seperti Grobobogan, Kudus, Jepara, dan Semarang.

Hal tersebut menurutnya membuat beban panitia penyelenggara semakin berat, serta mengganggu kondisi psikologis jamaah serta dirinya. Oleh karena itulah dia membatalkan beberapa janji di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta.

“Mohon maaf atas keadaan ini, harap dimaklumi dan mohon doakan selalu,” tulis UAS dalam pernyataannya. (SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]