Tanah Longsor, Dua Rumah Rusak Berat dan Hanyut ke Sungai

228
Rumah rusak berat di Indragiri Hilir akibat longsor di bantaran sungai, Ahad (17/6/2018). (foto: riau.go.id)

TEMBILAHAN HULU, SERUJI.CO.ID –¬†Sebanyak dua rumah di bantaran sungai di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau rusak berat akibat longsor, sedangkan sebagian besar bangunan hanyut ke sungai.

Kapolres Indragiri Hilir AKBP Christian Rony di Pekanbaru, Senin (18/6), memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa di Jalan Gerilya Parit 6, Kelurahan Tembilahan Barat, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir tersebut.

“Pada saat kejadian dua rumah itu memang dalam keadaan kosong,” katanya.

Loading...

Longsor hingga menyebabkan sebagian bangunan rumah hanyut ke sungai di lokasi yang sama tersebut merupakan yang kedua kalinya dalam sebulan terakhir.

Kejadian yang sama sebelumnya, menimpa tiga rumah pada awal Juni lalu. Dalam kejadian itu sebagian pondasi tiga rumah itu hanyut terbawa arus sungai sehingga rumah itu tidak dapat ditempati lagi.

Dalam kejadian yang terakhir ini, ia menjelaskan dua rumah yang roboh dan hanyut ke sungai akibat longsor tersebut terjadi pada Ahad (17/6) petang.

Kedua rumah tersebut milik warga atas nama Anto (55) dan Safrizal (40).

Christian mengatakan secara umum wilayah bantaran sungai yang dijadikan lokasi pemukiman bagi sebagian warga Indragiri Hilir tersebut rawan longsor.

Ia mengatakan longsor itu akibat abrasi yang selama ini terjadi di wilayah setempat.

“Kita mengimbau warga setempat untuk waspada, karena walau bisa diprediksi, tidak ada yang tahu, kapan bencana itu datang. Daerah tersebut tanahnya memang rawan longsor,” ujarnya.

Ia mengatakan longsor tidak hanya menyebabkan rusaknya dua rumah, namun mengancam satu-satunya jalan penghubung Indragiri Hilir menuju Pekanbaru.

Dia telah mengerahkan personel Satlantas Polres Indragiri Hilir untuk memberikan petunjuk dan mengatur arus lalu lintas dengan baik di kawasan tersebut.

“TKP tanah longsor terletak di jalan nasional yang ramai dan menjadi satu-satunya sarana transportasi darat menuju Pekanbaru,” tuturnya. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]