Empat RS di Batam Terancam Tak Bisa Gunakan Layanan BPJS

335
BPJS Kesehatan
Kantor pelayanan BPJS Kesehatan. (ilustrasi)

BATAM, SERUJI.CO.ID – Empat rumah sakit di Batam telah habis kontrak dengan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sehingga bisa dipastikan layanan BPJS tak akan bisa berlaku di rumah sakit tersebut.

Keempat rumah sakit tersebut yaitu RS Graha Hermine di Batuaji, RSIA Griya Medika, RSIA Frishdy Angel, dan RS St Elisabeth di Seilekop Sagulung.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri mengajukan permohonan agar kontrak kerja sama 4 rumah sakit tersebut dengan BPJS Kesehatan diperpanjang tahun ini.

Loading...

Status akreditasi empat rumah sakit ini yang juga menjadi kendala lain dalam perpanjangan kontrak. Namun pihak Dinkes Kepri mengatakan jika keempat RS tersebut saat ini dalam prores akreditasi dengan keterangan sudah menginput ASPAK dan SIRS 100 persen.

“Dinkes sudah melayangkan surat ke Kemenkes RI terkait perpanjangan kerja sama BPJS dengan Rumah sakit tersebut,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Kepri, dr Hj Sulastri, melalui keterangan tertulis yang diterima, Senin (7/1).

Surat itu ditandatangani Kepala Dinkes Kepri, Dr H Tjetjep Yudiana, dengan nomor surat: 445/11/Dk.4.2/2019.

“Wilayah geografis Kepri terdiri dari 97.5 persen lautan dan 2.5 persen daratan, dengan jumlah penduduk 2.208.109 jiwa dimana sebaran jumlah penduduk terbanyak yaitu 61 persen berdomisili di Kota Batam. Maka hal ini perlu,” ujar Sulastri.

Kemudian per 4 Januari 2019 Kemenkes mengeluarkan surat keputusan nomor: HK.03.01/Menkes/18/2019 tertanda Mentri Kesehatan Prof. Dr. dr Nila Farid Moeloek, Sp.M(K).

“Di dalamnya mengatakan persetujuannya untuk tetap merekomendasikan 4 rumah sakit tersebut untuk diperpanjang kontrak kerja samanya dengan layanan BPJS Kesehatan,” sebutnya. (SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]