Presiden Minta MTQN 2018 Perkuat Persatuan Bangsa

258
MTQN 2018
Presiden Jokowi membuka acara MTQN ke-XXVII di Medan, Ahad (7/10/2018). (foto:Dok. Kemenag RI)

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi minta penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional atau MTQN 2018 bisa memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“MTQ bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan umat Islam kepada Al-Qur’an dan kemudian mengamalkannya dengan baik untuk kemaslahatan bangsa,” kata Jokowi di Medan, Ahad (7/10).

Presiden menyampaikan hal itu dalam acara pembukaan MTQN ke-XXVII di Gedung Serba Guna Astaka Jalan William Iskandar, Medan, Ahad (7/10).

Loading...

Ia berharap MTQN 2018 menjadi sumber kesejukan, memperkuat ukhuwah Islamiyah dan harus dituangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan cara itu, kata Jokowi, maka tidak akan ada lagi fitnah, berita hoax dan caci maki hanya karena untuk kepentingan politik dan ego.

“Sebagai umat Islam harus menjaga rasa persaudaraan dan kesatuan, kerukunan dan persatuan bangsa Indonesia. Semua itu kekuatan dan menjadi energi Indonesia,” katanya.

Jokowi yang menggunakan pakaian adat Melayu berwarna merah itu melakukan pemukulan Bedug dan Gondang IX tanda dibukanya acara MTQN XXVII.

Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan rasa gembira dan bangga Sumut dipercaya sebagai tuan rumah MTQN ke-XXVII.

“Bagi Sumut, pelaksanaan MTQN adalah momen dan motivasi untuk kerja keras, ikhtiar untuk memberikan kontribusi terbaik untuk kesejahteraan masyarakat Sumut yang bermartabat,” kata Edy.

Ia menyebutkan, kesukacitaan MTQN bukan hanya dirasakan umat Islam namun dirasakan umat agama lain.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebutkan pembukaan MTQN di Sumut tertunda sehari karena antusiasme Presiden Jokowi untuk bisa membuka acara itu.

Ia menyebutkan karena manfaat MTQN cukup besar, maka penyelenggaraaan dan hasilnya juga diupayakan semakin berkualitas.

“Pendaftaran dengan ‘finger print’ sampai proses penjurian melalui aplikasi digital merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menjadikan pelaksanaan dan hasil MTQN berkualitas,” kata Menteri Lukman.

Diketahui, dalam penyelenggaraan MTQN ke-XXVII di Sumut ini diikuti 1.555 kafilah dari 34 provinsi. (SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]