Wapres JK: MTQ Nasional Menunjukkan Tingginya Minat Baca Qur’an

25
  • 1
    Share
MTQN
Menag Lukman Hakim, Menag Jusuf Kalla, dan Gubenur Sumut Edy Rahmayadi pada penutupan MTQN XXVII di Sumatera Utara, Jumat, 12/10/2018. (foto:Twitter @Kemenag_RI)

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengatakan bahwa dengan masih terus berlangsungnya penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) dan dengan cabang perlombaan yang banyak menunjukkan tingginya minat membaca Al-Qur’an.

“Kondisi itu tentu saja membanggakan karena ternyata anak milenial tidak hanya minat di bidang IT (Informasi dan Teknologi) atau internet, tetapi juga membaca Al-Qur’an,” ujar Jusuf Kalla pada acara Malam Puncak Pengumuman Pemenang dan Penutupan MTQN XXVII 2018 di area Astaka Jalan William Iskandar, Medan, Jumat (12/10).

Ia pun mengapresiasi penyelenggaraan MTQN di Sumut yang berlangsung baik dan lancar.

Loading...

Menurutnya, lomba MTQN itu semakin menjadi kegembiraan karena membaca Al-Qur’an memang merupakan kewajiban umat Islam.

“MTQN diharapkan bisa semakin memperkuat persatuan antara umat Islam dan anak bangsa yang bisa menguatkan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan di Indonesia,” harapnya.

Apalagi ternyata Indonesia saat ini dalam kondisi aman di tengah sedang terjadi gejolak di sejumlah negara-negara Islam lainnya.

“Ide MTQN awalnya dicetuskan warga Sumut yang 51 tahun lalu menjadi Kepala RRI di Makasar,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebutkan kesuksesan penyelenggaraaan MTQN merupakan kesuksesan bersama pemerintah pusat dan daerah.

“Diharapkan syiar MTQN akan membekas karena tujuan MTQ adalah melahirkan kesadaran untuk mencintai Al-Qur’an dan mengamalkannya,” katanya.

Pengamalan Al-Qur’an dengan baik dalam kehidupan diperlukan untuk menjaga kekondusifan.

“Kita perlu energi untuk menjaga persatuan dalam keberagaman dan MTQN adalah salah satunya,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyebutkan MTQN XXVII di daerah itu juga sudah terbukti menggerakkan perekonomian.

“Jadi memang jelaslah bahwa Al-Qur’an sebagai Rahmatan Lilalamin,”ujarnya.

Apalagi acara MTQN yang sejak dibuka resmi Presiden Jokowi pada 7 Oktober lalu berjalan aman dan lancar dan diminati atau banyak dikunjungi masyarakat.

Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menyempatkan hadir menutup acara MTQN di Sumut di tengah jadwal kerja yang padat.

“Sebagai tuan rumah MTQN XXVII, Sumut dengan rasa tulus dan ikhlas berterimakasih kepada seluruh peserta dan berbagai kalangan,”katanya.

Pada malam penutupan itu, Ketua Dewan Hakim MTQN XXVII Prof DR H Rom Rowi mengumumkan juara 10 besar.

Sebagai juara umun adalah DKI Jakarta, juara 2 Banten, dan Sumut juara 3.

Adapun juara 4 hingga 10 masing-masing Kepulauan Riau, Jawa Timur, Riau dan Jawa Barat, Aceh, DI Jogyakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Selatan.

Pada acara itu diumumkan bahwa tuan rumah MTQN XXVIII adalah Sumatera Barat dengan diserahkannya bendera MTQN dari Menteri Agama ke pejabat Pemprov Sumatera Barat. (SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU