Hingga 11 Hari Pertama, Kebakaran Lahan Riau Terus Meluas Capai 108 Hektare

10
  • 4
    Shares
karhutla
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera. (ilustrasi)

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID – Sepanjang 11 hari pertama Januari 2019, kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau terus meluas hingga mencapai 108,5 hektare.

“Hingga hari ini luas lahan terbakar dari awal Januari tercatat 108,5 hektare,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger di Pekanbaru, Jumat (11/1).

Ia mengatakan karhutla di awal tahun ini terjadi di lima kabupaten dan kota. Kebakaran lahan terluas tercatat terjadi di Kabupaten Rokan Hilir yang mencapai 82 hektare.

Loading...

Sedikitnya tiga kecamatan di Rokan Hilir mengalami kebakaran lahan hebat yakni Kecamatan Tanah Putih, Batu Hampar, dan Rimba Melintang. Tanah Putih sendiri menjadi penyumbang titik api pertama di Riau, tepatnya terjadi di Desa Mumugo.

Baca juga: Ini Lokasi di Riau yang Jadi Langganan Kebakaran Hutan dan Lahan

Seluas 40 hektare lahan gambut kering di desa yang berbatasan dengan Kota Dumai itu terbakar hebat sebelum akhirnya berhasil padam setelah diguyur hujan.

Kebakaran juga terjadi di Desa Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang dengan luas mencapai 40 hektare. Serta Desa Sei Sialang, Kecamatan Batu Hampar dengan luas 2 hektare.

“Untuk titik api di Rokan Hilir saat ini dalam tahap pendinginan. Alhamdulillah kemarin diguyur hujan dan sekarang menyisakan asap tipis,” ujar Edwar.

Selain di Rokan Hilir, kata Edwar, kebakaran lahan terjadi di Kabupaten Bengkalis, tepatnya di Desa Bumbung, Kecamatan Mandau dan Desa Pamesi, Kecamatan Bathin Solapan dengan total luas mencapai 10 hektare.

Di Kota Dumai, kebakaran terjadi Kecamatan Dumai Barat dengan luas 1,5 hektare. Selain wilayah pesisir Riau, kebakaran juga terjadi di wilayah daratan tepatnya di Kabupaten Kampar dengan luas mencapai 14 hektare, dan Kota Pekanbaru 1 hektare. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU