close

Parkir Liar di Jalur Pembangunan Flyover Soekarno-Hatta Bikin Macet

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID – Keberadaan parkir liar di sekitar lokasi pembangunan “flyover” atau jembatan layang Soekarno-Hatta. Kota Pekanbaru, Provinsi Riau memperburuk kemacetan arus kendaraan, terutama pada jam sibuk seperti pagi dan sore.

Pantauan di persimpangan empat jalan Soekarno-Hatta Mall SKA Pekanbaru, Kamis (28/6) sore, kemacetan panjang terjadi hingga mencapai lebih dari satu kilometer.

Sejatinya, dengan tanpa keberadaan parkir liar, tepatnya depan pusat perbelanjaan Mall SKA Pekanbaru, kemacetan panjang kerap terjadi sejak pembangunan jembatan layang itu dimulai Maret 2018.

Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perhubungan juga sebenarnya telah memasang rambu-rambu dilarang parkir di lokasi itu. Namun, keberadaan parkir liar, yang mayoritas diisi oleh kendaraan roda empat marak terjadi.

Hasilnya jelas kemacetan semakin parah, terutama pada pagi dan sore hari. Selain itu, ketiadaan aparat baik Dinas Perhubungan maupun Kepolisian menyebabkan arus lalu lintas semakin tidak terkendali dan saling serobot satu dengan lainnya.

Sejumlah warga yang kerap melintasi jalan tersebut sangat mengeluhkan kondisi itu. Syaiful, seorang karyawan swasta mengaku dirinya tidak memiliki pilihan lain lantaran pembangunan jalan layang dilakukan bersamaan di dua lokasi berbeda.

Pembangunan kedua jembatan layang juga berada di ruas jalan yang sama, tepatnya simpang empat Mall SKA dan simpang empat Pasar Pagi Pekanbaru.

“Intinya jika parkir liar bisa ditertibkan, saya rasa kemacetan bisa sedikit berkurang. Hanya saja tinggal mau apa tidak menindak kendaraan yang parkir sembarangan di sana,” kata pria 30 tahun itu.

Pemerintah Provinsi Riau menggelontorkan anggaran sebesar Rp240 miliar untuk membangun dua jembatan layang yang diharapkan dapat mengurai kemacetan di dua lokasi tersebut.

Jembatan layang di Simpang SKA menelan anggaran Rp159,38 miliar dengan spesifikasi jembatan sepanjang 625 meter, lebar 18 meter dengan masa pengerjaan selama 10 bulan.

Sementara jembatan layang di Pasar Pagi Arengka sepanjang 425 meter senilai Rp78,3 miliar.

Pemerintah dan pihak terkait sebenarnya telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif seperti Jalan Bhakti, Jalan Rambutan, Jalan Melayu, Jalan Melayu, dari Panam, Pasar Pagi Arengka, Jalan Kamboja Jalan Anggrek.

Namun, jalan alternatif yang dimaksud juga tidak banyak membantu pengendara karena kerap terjadi kemacetan. (Ant/SR01)


  • 4
    Shares

KOLOM

Mengurai Sengkarut Pikir Negeri

Oleh: Prof. Daniel Mohammad Rosyid, Guru Besar ITS Surabaya SERUJI.CO.ID - Awalnya adalah reformasi yang dibayangi kekhawatiran 30 tahun kediktatoran Soeharto yang akan terulang, maka konstitusi...

Mengurai Sengkarut Pikir Negeri

Oleh: Prof. Daniel Mohammad Rosyid, Guru Besar ITS Surabaya SERUJI.CO.ID - Awalnya adalah reformasi yang dibayangi kekhawatiran 30 tahun kediktatoran Soeharto yang akan terulang, maka konstitusi...
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Meski Hujan Guyur Pekanbaru, Jamaah Subuh Padati Tabligh Akbar Ustadz Somad

Hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru sejak dini hari, tidak menyurutkan semangat warga untuk hadir pada Sholat Subuh berjamaah dan Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad (UAS) di Masjid Paripurna Raudhatus Shalihin, Jalan Bukit Barisan, Tenaya Raya, Pekanbaru. Dalam Tabligh Akbar-nya kali ini, UAS mengangkat tema "Solusi Islam Dalam Menuntaskan Kemiskinan".

Penumpang Pesawat di BIM Turun Hingga 3.000 Orang Per Hari

PADANG PARIAMAN, SERUJI.CO.ID - PT Angkasa Pura II menyatakan...

Hadapi Pemilu 2019, PKS Sumut Gelar Kemah Bakti Nusantara

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera...

Yusril: Dukungan PBB Cenderung ke Jokowi-KH Ma’ruf

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai...

Nekat Jadi Kurir Sabu, Mahasiswa Ini Bersama Rekannya Diciduk Polisi

DUMAI, SERUJI.CO.ID - Seorang mahasiswa berinisial A (25) dan...

Bawaslu Tanjungpinang Gelar Lomba Menulis Pantun Bertema Pemilu 2019

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang,...

Polri Buka Penerimaan Calon Perwira Melalui SIPSS

BATAM, SERUJI.CO.ID - Polri membuka seleksi penerimaan calon perwira...

TERPOPULER

Pemkab Siak Tindaklanjuti Grup Medsos LGBT

Pemkab Siak bersama MUI dan Kemenag akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah agar anak-anak tidak terjerumus perilaku menyimpang LGBT.