BMKG: Broadcast Gempa Susulan M 8,4 dan M 7,5 Hoax!

233
hoax
Pesan hoax (ilustrasi)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Setelah gempa M 6 mengguncang Situbondo, beredar pesan berantai (broadcast) berisi prediksi gempa susulan di berbagai wilayah. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan pesan berantai itu tidak benar.

Broadcast pertama mencatut nama BMKG. Pesan berantai itu menyebut ada potensi gempa susulan M 7,5 tanpa menyebut lokasinya.

BMKG memastikan pesan berantai itu hoax, dan pihaknya menegaskan tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut.

Loading...

“#BMKG tidak pernah mengeluarkan pernyataan untuk keluar rumah di jam sekian-sekian karena akan ada gempa susulan dengan sekian magnitude. Sudah jelas itu #Hoax,” tulis BMKG di Twitter, @infoBMKG, Kamis (11/10).

https://twitter.com/infoBMKG/status/1050367319199731715

Kemudian, ada juga pesan berantai yang menyebut malam ini diprediksi ada gempa susulan M 8,4 di Madura dengan kedalaman 13 cm dan berpotensi tsunami. Gempa itu disebut bakal mengakibatkan guncangan dashyat dan semburan air hangat.

BMKG memastikan broadcast itu juga hoax. Pihaknya mengimbau warga mencermati pesan-pesan yang beredar seperti ini.

“Jika mendapatkan pesan seperti ini atau sejenisnya, baca pelan-pelan dan dihayati. Eh, waittt… Kedalaman: 13 CM??? Ini kedalaman gempa yang akan terjadi atau letupan mercon yang dikubur di tanah?. Jelas dipastikan ini #Hoax. Tidak ada prediksi gempa sampai sedetail itu,” ungkap BMKG di Twitter.

https://twitter.com/infoBMKG/status/1050373804021538818

(SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]