BMKG: Gempa Berskala Besar Akan Terjadi di Malut Hoax

233
hoax
Pesan hoax (ilustrasi)

TERNATE, SERUJI.CO.ID – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ternate, mengimbau masyarakat di Maluku Utara (Malut) tidak mempercayai isu akan terjadinya gempa bumi berskala besar disertai Tsunami di daerah ini.

“Isu itu tidak benar, apalagi dengan mengatasnamakan BMKG sebagai sumber. Selama ini BMKG tidak pernah mengeluarkan pernyataan akan terjadinya gempa bumi,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ternate, Kustoro Hariatmoko, di Ternate, Selasa (2/10).

Belakangan ini, masyarakat di Malut diresahkan dengan beredarnya isu di media sosial berisi peringatan dini dari BMKG mengenai akan terjadinya gempa bumi berskala besar disertai tsunami menyusul kejadian serupa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Loading...

Menurut Kustoro, gempa bumi bisa terjadi setiap saat di suatu daerah, tetapi tidak seorang ahli pun atau teknologi yang bisa memprediksi secara pasti kapan itu akan terjadi dan berapa kekuatannya.

“Khusus untuk tsunami dapat diprediksi dengan menggunakan teknologi, tetapi setelah terjadinya gempa bumi dengan sejumlah kriteria, di antaranya kekuatan gempa bumi minimal 7,0 SR, pusat gempa bumi berada di dasar laut dan kedalamannya 10 KM atau gempa dangkal,” jelasnya.

Oleh karena itu, Kustoro mengimbau masyarakat di Malut untuk tetap tenang dan jangan mudah terpengaruh dengan isu yang tidak jelas sumbernya, namun demikian harus tetap waspada.

Masalahnya, Kata Kustoro, Malut merupakan wilayah rawan gempa bumi, karena diapit tiga lempeng, yakni lempeng Pasifik, lempang Eurusia dan lempeng Indo Australia, di samping lempeng lokal seperti lempeng Halmahera dan lempeng Maluku.

“Masyarakat perlu mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi gempa bumi dan tsunami. Untuk gempa bumi misalnya segera mencari ruang terbuka, sedangkan tsunami segera mencari daerah ketinggian sesaat setelah terjadi gempa bumi yang berpotensi tsunami,” pungkasnya. (SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]