Heboh Iklan Penjualan TKW Indonesia, Ini Tanggapan Kemlu RI

247
Muhammad Iqbal
Direktur PWNI BHI, Lalu Muhammad Iqbal. (foto:Istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Luar Negeri RI mengatakan telah mengetahui adanya kasus penjualan tenaga kerja wanita diduga asal Indonesia melalui situs jual-beli online Carousell, dan telah menyampaikannya kepada pihak berwenang di Singapura.

“KBRI sudah mengetahui kejadian ini. Karena itu, KBRI telah menyampaikan secara tertulis keprihatinan terhadap praktek tersebut kepada Kementerian Tenaga Kerja Singapura,” demikian keterangan tertulis dari Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal, Ahad (16/9).

Iqbal juga mengatakan bahwa kasus seperti ini telah terjadi beberapa kali sebelumnya.

Loading...

Pada 2015, perusahaan alat penyedot debu di Malaysia menampilkan iklan “Fire Your Indonesian Maid Now!” (pecat pembantu rumah tangga asal Indonesia Anda sekarang!).

Oleh karenanya, Kemlu meminta pihak Singapura untuk melakukan investigasi menyeluruh untuk mengungkap kasus penjualan TKW asal Indonesia tersebut.

“Besok pada hari kerja pertama, KBRI juga akan mengirimkan nota diplomatik kepada Kemlu Singapura yang menyampaikan keprihatinan bahwa kejadian serupa sudah terjadi beberapa kali di Singapura serta permintaan agar dilakukan investigasi secara menyeluruh terhadap kasus ini,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Tenaga Kerja Singapura menyelidiki sebuah kasus penjualan tenaga kerja wanita (TKW) melalui situs jual-beli, Carousell, di mana beberapa di antara TKW yang dijual diduga berasal dari Indonesia.

Baca juga: Singapura Selidiki Penjualan TKW Indonesia di Situs Jual Beli Online

Kementerian menyebut kasus penjualan para TKW asing itu adalah perbuatan yang tidak pantas. Pelakunya dapat diganjar dengan hukuman penjara dua tahun dan denda sampai 80.000 dolar Singapura. (SR01)

 

 

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]