15 Parpol di Dumai Deklarasikan Pemilu 2019 Damai dan Sejuk

121
Perwakilan pengurus 15 Parpol di Dumai Deklarasikan Pemilu 2019 damai dan sejuk, Kamis (13/9/2018). (foto:Istimewa)

DUMAI, SERUJI.CO.ID –┬áPengurus 15 partai politik di Kota Dumai menyatakan ikrar menciptakan Pemilu 2019 damai jujur dan berintegritas dalam deklarasi pemilu damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Kamis (13/9).

Ketua KPU Dumai Darwis mengatakan, pelaksanaan deklarasi pemilu damai untuk mengajak semua partai politik, penyelenggara dan komponen terkait lain menciptakan pemilu damai dan sejuk.

Menurutnya, gelaran pemilu 2019 cukup rumit, sulit dan rentan pelanggaran serta kelalaian penyelenggara, dan dengan pernyataan deklarasi damai ini diharap semua pihak ikut aturan dan tidak terpengaruh isu atau berita bohong.

Loading...

“Diharap partai politik dan semua stakeholder terkait taat aturan dan bersama menciptakan pemilu damai jujur dan berintegritas,” kata Darwis dalam kegiatan berlangsung di halaman komplek perkantoran Pemko Dumai, Kamis (13/9).

Sebelumnya, KPU sudah mengumumkan 413 daftar calon sementara bakal calon legislatif Dumai, dan selama dibuka masa tanggapan tidak ada menerima masukan atau tanggapan dari masyarakat.

Dia menyatakan, diharap masyarakat dapat memilih calon anggota legislatif sesuai hati nurani dan cerdas serta mereka yang betul betul memperhatikan kemajuan daerah jika mendapat amanah nantinya.

Sementara itu, Wali Kota Dumai Zulkifli As mengatakan, kedaulatan berada di tangan rakyat untuk memilih pemimpin dan dilaksanakan dalam suatu gelaran pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Pemilu 2019 salah satu helat pesta demokrasi istimewa karena digelar serentak di Indonesia untuk memilih presiden dan wakil presiden, dan pengalaman pemilu di Dumai telah berjalan lancar dalam suasana kondusif serta tingkat partisipasi pemilih baik.

“Kita tidak melihat adanya gesekan selama tahapan pemilu di dumai, dan ini patut disyukuri bersama, karena itu apresiasi untuk kpu dan semua pihak,” kata Zulkifli.

Wakapolres Dumai Kompol Yudhi Palmi apresiasi kegiatan deklarasi pemilu damai ini dan mendorong semua pihak untuk terus membangun komitmen pemilu dilaksanakan secara dewasa di tiap tahapan.

“Deklarasi ini mengandung makna untuk mempertegas sikap peserta pemilu 2019, dan kita berharap setiap tahapan terus menjaga semangat kebersamaan dan persaudaraan,” kata Yudhi.

Kesepakatan pemilu damai ini ditandai dengan penandatanganan deklarasi diatas spanduk berukuran besar oleh 15 ketua parpol, unsur pemerintah daerah, KPU, Bawaslu, KNPI, ormas dan organisasi mahasiswa serta lainnya. (Ant/SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. kite-kite mah dari kemarin-kemarin kepingin pilpres 2019 berjalan damai. makanya kite-kite kagak pernah ganggu, menghadang apalagi mempersekusi tetangga sebelah kalo mereka sedang mengadakan aksi atau apalah-apalah. hanya tetangga sebelah aje yg suka rese ame kite-kite. dah gituh ajah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]