Bawaslu Tindaklanjuti Deklarasi Puluhan Wali Nagari Dukung Jokowi

104
Wali Nagari
Wali Nagari se Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat,deklarasu dukungan ke Jokowi-KH Ma'ruf Amin. (foto:Video Twitter)

PADANG, SERUJI.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya akan menindaklanjuti deklarasi dukungan untuk pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin dari puluhan Wali Nagari se-Dharmasraya.

Ketua Bawaslu Dharmasraya, Syamsurizal mengatakan, deklarasi dukungan untuk salah satu pasangan capres dan cawapres tersebut ditindaklanjutinya, karena pihak yang mendeklarasikan dukungan merupakan Wali Nagari.

“Ini yang kami sayangkan. Padahal Wali Nagari itu merupakan pejabat pemerintah di tingkat paling bawah, yang seharusnya bersikap netral dalam pesta demokrasi,” kata Syafrizal, Jumat (28/9).

Loading...

Terpisah, Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sumatera Barat, Elly Yanti, mengatakan, laporan terkait deklarasi itu juga sudah mauk ke Bawaslu Sumbar.

“Laporan sudah diterima, yang melapor pihak Gerindra. Namun, kami belum bisa berasumsi bahwa itu pelanggaran, karena masih dilakukan pengkajian terkait dugaan pelanggaran tersebut. Kalau nantinya pelanggaran itu merupakan pidana Pemilu, maka akan dikoordinasikan melalui rapat bersama Gakkumdu,” ujarnya.

Baca juga: Kepala Daerah Deklarasi Dukung Capres, Gerindra Sumbar Laporkan ke Bawaslu

Selain laporan Gerindra, Elly menyebut juga ada laporan dari hasil pengawasan Bawaslu, yaitu soal dugaan pelanggaran Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, yang video rekamannya saat membagikan bantuan anggaran yang mengatasnamakan bantuan tersebut dari Presiden Jokowi, viral.

“Namun laporan tersebut belum ditetapkan menjadikan temuan. Bahkan laporan itu juga sudah kami teruskan kepada Bawaslu Pesisir Selatan untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Dalami Video Bupati Pesisir Selatan Kampanye Jokowi

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 40 Wali Nagari se-Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menyampaikan deklarasi dukungan untuk pasangan capres-cawapres Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Wali Nagari yang menamakan diri sebagai Aswana (Asosiasi Wali Nagari) Dharmasraya itu mendeklarasikan dukungannya di halaman Kantor Wali Nagari Sungai Dareh di Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat, Kamis (27/9) siang.

Dalam pernyataan sikap yang dibacakan Hendrianto, Wali Nagari Sungai Dareh, Jokowi berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pembangunannya dirasakan langsung oleh masyarakat di segala bidang, sehingga pantas untuk didukung. (SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]