Sandiaga: Infrastruktur Jokowi Tak Efektif Kurangi Pengangguran

345
Infrastruktur
Pembangunan infrastruktur (ilustrasi)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mengakui pencapaian Jokowi di bidang pembangunan infrastruktur. Namun, ia juga memiliki catatan bahwa infrastruktur yang selama ini dibangun tak terlalu berdampak langsung pada penyediaan lapangan kerja.

Hal ini disampaikan Sandiaga usai menghadiri acara HUT ke-50 tahun Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Senin (24/9).

“Pembangunan infrastruktur itu tidak memiliki efek yang signifikan dan subtansial,” ujarnya kepada wartawan.

Loading...

Bahkan, lanjut Sandiaga, Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani juga sempat menyinggung soal sulitnya ketersediaan lapangan kerja ini dalam sambutannya.

Dalam acara, sebelum menyerahkan penghargaan ke Jokowi, Rosan memang sempat menyinggung angka pengangguran yang masih cukup tinggi. Juga soal kualitas pendidikan pekerja Indonesia yang rendah.

“Kita lihat Kadin mengangkat soal ini. Saya sudah bicara hampir dua tahun, akhirnya Kadin menyepakati isu utama lapangan pekerjaan masih sangat sulit dihadirkan untuk anak bangsa,” kata Sandiaga.

Bahkan, dalam acara itu, kata Sandi, Presiden Jokowi sendiri mengakui pembangunan infrastruktur yang besar seperti jalan tol masih dikerjakan sepenuhnya kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Keinginan Kadin agar proyek infrastruktur melibatkan para pengusaha belum bisa diwujudkan.

“Malah tadi yang disampaikan Pak Presiden sendiri, bahwa keinginan Kadin memberikan peluang pada dunia usaha, untuk mengerjakan infrastruktur,” kata Sandiaga.

“Selama ini dampak yang dirasakan lapangan pekerjaan enggak langsung diciptakan melalui pembangunan infrastruktur ini,” imbuhnya.

Dalam acara HUT ke-50 tahun KADIN tersebut, Presiden Jokowi mendapatkan penghargaan sebagai tokoh pemerataan pembangunan. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani. (SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]