Selasa Sore, Rupiah Tembus Angka Psikologis jadi Rp15.013 per USD

47
kurs rupiah
Rupiah melemah terhadap dollar (ilustrasi)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áPergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa (2/10) sore bergerak melemah sebesar 112 poin menjadi Rp15.013 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.901 per dolar AS.

Analis Valbury Asia Futures Lukman Leong di Jakarta, Selasa mengatakan bahwa rupiah menjadi mata uang yang mengalami tekanan terdalam terhadap dolar AS dibanding mata uang di kawasan Asia lainnya.

“Pelemahan rupiah itu seiring dengan aksi para spekulan yang menilai Bank Indonesia akan sulit menaikan suku bunga acuan ke depannya setelah September mengalami deflasi, sementara the Fed masih berpotensi menaikan suku bunga acuannya,” ujarnya, dilansir Antara.

Loading...

Di sisi lain, lanjut dia, sentimen mengenai defisit neraca transaksi berjalan juga masih mempengaruhi pergerakan rupiah.

“Fundamental ekonomi sebenarnya masih bagus, hanya memang ada beberapa celah yang dinilai pasar masih negatif seperti defisit neraca transaksi berjalan,” katanya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari ini (2/10), tercatat mata uang rupiah melemah menjadi Rp14.988 dibanding sebelumnya (1/10) di posisi Rp14.905 per dolar AS. (SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]