Ingin Lolos Seleksi CPNS 2018, Ini Petunjuk dari Kementerian BUMN

235
Tes CPNS 2018
Informasi Penerimaan CPNS dari Kementerian BUMN. (foto: @KemenBUMN)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuka serentak pada 19 September 2018.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi salah satu instansi yang membuka lowongan CPNS tahun ini.

Akun Twitter Kementerian BUMN, @KemenBUMN, memberikan informasi mengenai tiga seleksi yang nantinya akan dihadapi CPNS berikut penjabarannya.

Loading...

“#SobatBUMN Mau Lolos CPNS 2018? Pelajari 3 Tes diatas ini ya.
Untuk pengumuman seleksi CPNS 2018 di Kementerian BUMN, #SobatBUMN jangan lupa untuk terus pantau informasinya dengan mem-follow akun instagram dan media sosial Kementerian BUMN ya… #BUMNHadirUntukNegeri”

Demikian bunyi penjelasan dari akun twitter @KemenBUMN.

Ada tiga seleksi yang akan dihadapi para peminat yang ingin jadi PNS dan penjabarannya menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan) RI Nomor 36 Tahun 2018, yakni:

1. Seleksi Administrasi
2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Masing-masing instansi, termasuk Kementerian BUMN, akan mengumumkan persyaratan secara serentak pada 19 September 2018.

Setelah itu ada tes administrasi. Setelah lolos administrasi, ada dua tes kompetensi.

Kompetensi dasar adalah kemampuan dan karakteristik dalam diri sesorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seseorang CPNS.

Sedangkan, kompetensi bidang merupakan kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

Pihak yang akan menyeleksi tiga tahap ini adalah masing-masing instansi penyelenggara.

Akan tetapi, khusus Seleksi Kompetensi Dasar akan diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui computer assisted test (CAT).

Kemudian, untuk SKD terbagi lagi menjadi tiga tes, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TWU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Diberitakan sebelumnya, ada 238.015 lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang tersedia untuk diperebutkan oleh pelamar pada tahun 2018 ini.

Rinciannya, 51.271 untuk instansi pusat dan 186.744 untuk instansi daerah. CPNS yang terpilih untuk instansi pusat nantinya akan ditempatkan di 76 kementerian/lembaga (K/L).

Sementara untuk CPNS di instansi daerah ditempatkan di 525 pemerintah daerah, baik di tingkat provinsi, kabupaten maupun kota. (SR01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN
[vc_row tdc_css="eyJwaG9uZSI6eyJkaXNwbGF5Ijoibm9uZSJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2NywiYWxsIjp7ImRpc3BsYXkiOiIifX0="][vc_column width="2/3"]

TERBARU

[/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]